Viral di X, Ini Kisah Sayyidah Aisyah Menikah dengan Rasulullah di Bulan Syawal

Senin 07-10-2024,11:25 WIB
Reporter : Syifa Lulu
Editor : Syifa Lulu

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ تَزَوَّجَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي شَوَّالٍ وَبَنَى بِي فِي شَوَّالٍ فَأَيُّ نِسَاءِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ أَحْظَى عِنْدَهُ مِنِّي قَالَ وَكَانَتْ عَائِشَةُ تَسْتَحِبُّ أَنْ تُدْخِلَ نِسَاءَهَا فِي شَوَّالٍ

Artinya: 'Aisyah dia berkata, "Rasulullah menikahiku pada bulan Syawal, dan mulai berumah tangga bersamaku pada bulan Syawal, maka tidak ada di antara istri-istri Rasulullah yang lebih mendapatkan keberuntungan daripadaku."

Pernikahan Rasulullah dengan Aisyah RA hanya sebatas akad di Makkah, begitupun sang istri tak langsung tinggal bersama Rasulullah.

Dua tahun setelahnya, Rasulullah hijrah dari Mekkah ke Madinah menyusul sang istri bersama ibundanya.

BACA JUGA:Ustaz Khalid Basalamah Larang Pasutri Update Status Kemesraan, Antum Bisa Meninggal Dunia Mendadak

Pada bulan Syawal, Aisyah RA pertama kali tinggal serumah dengan Rasulullah SAW.

Sebelum menikah dengan Aisyah RA, Rasulullah SAW mendapat petunjuk dari Allah SWT untuk menikah putri dari sahabatnya Abu Bakar Ash-Shiddiq .

Rasulullah SAW bermimpi tiga kali, sosok Malaikat membawa seorang wanita yang dibalut kain sutera di wajahnya.

Malaikat itu berkata bahwa wanita tersebut adalah istrinya, Sayyidah Aisyah.

ﻋَﻦْ ﻋَﺎﺋِﺸَﺔَ ﻗَﺎﻟَﺖْ: ﻗَﺎﻝَ ﺭَﺳُﻮْﻝُ اﻟﻠﻪِ -ﺻَﻠَّﻰ اﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ: "ﺃُﺭِﻳْﺘُﻚِ ﻓِﻲ اﻟﻤَﻨَﺎﻡِ ﺛَﻼَﺙَ ﻟَﻴَﺎﻝٍ ﺟَﺎءَ ﺑِﻚِ اﻟﻤَﻠَﻚُ ﻓِﻲ ﺳَﺮَﻗَﺔٍ ﻣِﻦْ ﺣَﺮِﻳْﺮٍ ﻓَﻴَﻘُﻮْﻝُ: ﻫَﺬِﻩِ اﻣْﺮَﺃَﺗُﻚَ ﻓَﺄَﻛْﺸِﻒُ، ﻋَﻦْ ﻭَﺟْﻬِﻚِ ﻓَﺈِﺫَا ﺃَﻧْﺖِ ﻓِﻴْﻪِ. ﻓَﺄَﻗُﻮْﻝُ: ﺇِﻥْ ﻳَﻚُ ﻫَﺬَا ﻣِﻦْ ﻋِﻨْﺪِ اﻟﻠﻪِ ﻳُﻤْﻀِﻪِ"  

Artinya, "Dari Aisyah, ia berkata bahwa Rasulullah saw bersabda, 'Aku bermimpi tentangmu selama tiga malam. Malaikat membawamu dalam sebuah tempat yang terbuat dari sutera. Malaikat itu kemudian berkata, 'Ini adalah istrimu.' 'Aku buka wajahmu ternyata engkau di dalamnya.' Aisyah berkata, 'Jika ini datang dari Allah, maka akan berlanjut.'" (HR Muslim) 

Sementara itu, Aisyah RA dikenal sebagai istri Rasulullah yang paling cerdas bahkan kecerdasannya mengalahi laki-laki pada zamannya.

Kategori :