Intip Makna dan Filosofi Logo Hari Santri Nasional 2024, Simak Informasinya!

Selasa 08-10-2024,14:58 WIB
Reporter : Rury Pramesti
Editor : Rury Pramesti

JAKARTA, DISWAY.ID - Simak makna dan filososi logo Hari Santri Nasional 2024 resmi dari Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia.

Sebagai informasi, Hari santri Nasional atau HSN adalah salah satu perayaan yang diperingati pada tanggal 22 Oktober setiap tahunnya di Indonesia.

Di mana, perayaan ini sebagai bentuk penghargaan mengenai andil para santri dalam mempertahankan dan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

BACA JUGA:Tema HUT ke-79 TNI hingga Logo, Link Download di Sini!

Dalam perayaan tahun 2024 ini, Kemenag telah merilis logo resmi Hari Santri Nasional 2024 yang memiliki makna dan filosofis sebagai berikut:

Logo Hari Santri Nasional 2024

Pada logo terbaru Hari Santri Nasional 2024 digambarkan dengan tali yang seperti melilit membentuk siluet santri yang berlari dan mengangkat tangan.

Memang sekilas gambar logo ini nampak abstrak, tetapi siluet itu sebenarnya adalah gabungan dari hurus S dan I yang mewakili kata Santri Indonesia.

Warna yang digunakan ada 3, yaitu emas, merah dan hijau pine. Lalu, di bagian sudut kanan atas logo ada tulisan 'Hari Santri 2024' untuk mewakili tahun peringatan.

BACA JUGA:Link dan Cara Download Logo Kurikulum Merdeka Lengkap dengan Maknanya

Kemudian, di bagian bawah logo ada tulisan 'Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan' yang menjadi tema peringatan HSN tahun 2024 ini.

Makna dan Filosofi Logo Hari Santri Nasional 2024

Dari setiap komponen logo Hari Santri Nasional 2024 ini ternyata mempunyai makna dan filosofi tersendiri, meliputi:

1. Bentuk Tali Melilit

Tali yang melilit ini melambangkan keterhubungan dan kesinambungan. Selain itu, juga merepsentasikan keberlanjutan dan hubungan antar generasi dalam meneruskan perjuangan dan nilai-nilai yang diwariskan dari pendahulu.

Kategori :