Link Download Logo Hari Santri 2024 Resmi dari Kemenag, Ini Filosofinya

Jumat 11-10-2024,13:12 WIB
Reporter : Rury Pramesti
Editor : Rury Pramesti

JAKARTA, DISWAY.ID - Berikut ini adalah link download logo Hari Santri 2024 resmi dari Kemenag (Kementerian Agama).

Diketahui, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas hari ini meluncurkan logo peringatan Hari Santri 2024 dengan mengusung tema "Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan". 

Selain merilis logo, Kemenag juga mengeluarkan theme song untuk Hari Santri 2024.

BACA JUGA:Kemenag Rilis Logo, Tema dan Theme Song Hari Santri 2024, Menag Yaqut Cholil: Terus Berjuang untuk Masa Depan

Peluncuran logo, tema, dan theme song Hari Santri 2024 tersebut digelar di JI-Expo Kemayoran Jakarta pada Kamis, 10 Oktober 2024.

Sebagai informasi, Hari santri Nasional atau HSN adalah salah satu perayaan yang diperingati pada tanggal 22 Oktober setiap tahunnya di Indonesia.

Di mana, perayaan ini sebagai bentuk penghargaan mengenai andil para santri dalam mempertahankan dan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Sejarah Hari Santri di Indonesia

Melansir dari situs NU Online, penetapan Hari Santri ini awalnya dari usulan masyarakat pesantren yang ingin memperingati serta meneladani perjuangan kaum santri dalam mendukung kemerdekaan Indonesia.

BACA JUGA:Hari Santri 2024 Jatuh Pada Tanggal? Intip Sejarahnya di Indonesia

Di mana, usulan tersebut disampaikan oleh para santri di Pondok Pesantren Babussalam, Desa Banjarejo, Malang tahun 2014.

Kala itu, mereka menerima kunjungan dari Joko Widodo yang masih berstatus calon presiden.

Jokowi menegaskan komitmennya untuk dapat mendengarkan aspirasi para santri, dan di hari yang sama beliau langsung menandatangani komitmen untuk menetapkan Hari Santri Nasional tepat di tanggal 1 Muharram.

Akan tetapi, para Pengurus Besar Nahdlatul Ulama mempertimbangkan ulang tanggal peringatan tersebut.

Yang mana, pengurus NU mengusulkan supaya Hari Santri ditetapkan di tanggal 22 Oktober yang mempunyai makna sejarah penting.

Kategori :