Menparekraf Sebut Titik 0 KM Merauke Layak Jadi Destinasi 'Sports Tourism', Apa Itu?

Jumat 11-10-2024,14:03 WIB
Reporter : Rury Pramesti
Editor : Rury Pramesti

Sport tourism merupakan gabungan antara pariwisata dan olahraga.

Biasanya, sport tourism ini digunakan untuk mempromosikan pariwisata atau mengenalkan sebuah objek menarik yang berada di kawasan yang menyelenggarakan acara.

Sport tourism ini menjadi daya tarik wisatawan untuk melakukan perjalanan untuk menyaksikan kegiatan olahraga di suatu kawasan tertentu.

Adanya penggabungan kegiatan olahraga dan sektor pariwisata telah memberikan banyak dampak positif untuk kemajuan daerah.

Selain itu, kegiatan ini juga menjadi salah satu penggerak ekonomi di bidang pariwisata serta berkontribusi pada pembangunan wilayah.

Pada umumnya, sport tourism ini mempunyai prinsip utama, yakni pengenalan pariwisata daerah seperti gunung, sawah, lautan, hutan, sungai, pesisir pantai dan laut.

BACA JUGA:Kemenparekraf Kembali Jadi Sponsor Gresini Racing di MotoGP 2024, Target Perkuat Wisata dan Produk Indonesia

Sementara itu, Menparekraf juga berencana untuk menginisiasi event triathlon berskala nasional.

"Jadi sepedanya dari Merauke 77/79 kilometer ke sini, lalu berlari sekitar 7,9 kilometer. Bisa ada dua opsi kita kembali dengan menggunakan kendaraan atau bersepeda kembali ke Merauke. Jadi nanti kami rancang, mudah-mudahan pada November 2024 sebelum selesai akhir tahun ini bisa kita selenggarakan, ini sangat menarik kalau saya lihat apalagi infrastrukturnya sudah terbangun seperti ini," ungkap Sandiaga Uno.

Kategori :