Mengenal Tanda Kehormatan Nugraha Sakanti yang Diberikan Jokowi ke 7 Satker Polri, Apa Itu?

Senin 14-10-2024,10:25 WIB
Reporter : Syifa Lulu
Editor : Syifa Lulu

Mengenal Nugraha Sakanti

Nugraha Sakanti merupakan tanda kehormatan yang diberikan pada kesatuan di lingkungan Polri yang berjasa di bidang kepolisian yang bermanfaat bagi bangsa serta negara.

Tanda kehormatan Nugraha Sakanti ditetapkan sejak tahun 19961 pada masa pimpinan Presiden Soekarno.

Dahulu, tanda kehormatan ini memiliki tiga jenis seperti Nugraha Sakanti Jana Utama, Nugraha Sakanti Ksatria Tataman, dan Nugraha Sakanti Karya Bhakti.

Tanda Kehormatan Nugraha Sakanti untuk 7 Satker Polri

Presiden Jokowi memberikan tanda kehormatan Nugraha Sakanti kepada 7 satker Polri atas jasanya di bidang kepolisian.

1. Korbrimob Polri 

Korbrimob Polri mendapat anugerah tanda kehormatan Nugraha Sakanti atas jasanya dalam operasi penanganan kelompok radikal di Poso, Sulawesi Tengah dan operasi penanganan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

2. Bareskrim Polri

Mendapat tanda kehormatan karena berhasil mengungkap kasus kejahatan transnasional seperti gembong narkoba Freddy Pratama, membongkar sejumlah pabrik atau laboratorium narkoba yang dikendalikan jaringan mafia nasional hingga internasional, membongkar kejahatan illegal access situs KPU saat Pilpres 2024, hingga mengungkap kasus BBM palsu di Jabodetabek.

BACA JUGA:Ada Apel Mantap Brata 2024, Polisi Rekayasa Lalu Lintas di Kawasan Mako Brimob Hari ini

3. Baharkam Polri

Memberikan kontribusi dalam penanggulangan pandemi Covid-19 dengan program kampung tangguh, menindak peredaran gelap narkoba, pembalakan liar hutan di Kalimantan, menindak kejahatan illegal fishing kapal asing, menggerakan sektor pertanian di Keerom, Papua.

4. Korlantas Polri

Mengamankan dan melancarkan arus mudik setiap tahun, menyelenggarakan angkutan gratis saat mudik, inovasi penegakan hukum digital, hingga layanan digital terkait dokumen berkendara.

5. Divhubinter Polri

Kategori :