Resmi, Ada 27 Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama di Tahun 2025

Senin 14-10-2024,16:00 WIB
Reporter : Sabrina Hutajulu
Editor : Khomsurijal W

JAKARTA, DISWAY.ID-- Pemerintah resmi menetapkan hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2025 sebanyak 27 hari.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy di Kemenko PMK pada Senin 14 Oktober 2024.

"Pemerintah memutuskan libur nasional dan cuti bersama tahun 2025 sebanyak 27 hari, sama dengan tahun 2024," kata Mubadjir di depan awak media.

BACA JUGA:Sah! DPR RI Periode 2024-2029 Berjumlah 13 Komisi

Adapun rinciannya dikatakan Muhadjir yakni libur nasional sebanyak 17 hari serta cuti bersama sebanyak 10 hari.

Setiap tahun lanjut Muhadjir ada usulan penambahan hari libur nasional dan cuti bersama, khususnya terkait hari libur atau cuti tambahan.

Dikatakannya, pemerintah mencermati dan mempertimbangkan usulan tersebut dengan memperhatikan jumlah hari libur nasional dalam SKB.

"Jangan sampai melebihi yang telah ditetapkan dalam keputusan presiden nomor 8 tahun 2024 tentang hari-hari libur nasional," tuturnya.

"Penambahan hari libur maka harus dilakukan perubahan keputusan presiden terlebih dahulu," terang Mudhajir.

BACA JUGA:Big Bang Festival 2024 Siap Digelar, Belanja Sambil Nonton Konser Puluhan Artis, Ada Tulus, NDX AKA, Juicy Lucy

Selanjutnya kata Mudhajir, bagi daerah yang mayoritas agama tertentu, jika hari ritual keagamaan yang tidak diakomodasi dalam SKB ini, dimungkinkan diantisipasi melalui cuti daerah atau libur lokal dengan mengacu pada pelaksanaan libur keagamaan di beberapa daerah yang sudah berjalan selama ini.

"Setelah ditetapkan SKB ini, selanjutnya Kementerian Ketenagakerjaan akan menyusun aturan terkait pelaksanaan libur dan cuti bersama bagi sektor swasta," kata Mudhajir.

"Dan untuk ASN akan disiapkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB)," tandasnya.

Kategori :