DKI Jakarta Hujan Lebat Dua Hari ke Depan? BMKG Ungkap Peringatan Dini 15-16 Oktober 2024

Selasa 15-10-2024,06:00 WIB
Reporter : Risto Risanto
Editor : Risto Risanto

JAKARTA, DISWAY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini adanya potensi hujan lebat di sejumlah wilayah Indonesia selama dua hari ke depan, mulau dari hari ini Selasa, 15 Oktober 2024 sampai besok, Rabu 16 Oktober 2024.

Dilihat dari peta prakiraan berbasis dampak, terdapat sejumlah daerah yang masuk dalam kategori Waspada akibat potensi cuaca ekstrem, khususnya hujan lebat.

Ada beberapa daerah yang masuk ke dalam daftar peringatan waspada adanya potensi cuaca ekstrem (hujan lebat) yang tampak dari peta prakiraan berbasis dampak.

Bagi masyarakat yang tinggal di daerah yang termasuk dalam kategori potensi dihantam cuaca ekstrem, alangkah baiknya untuk melakukan pencegahan dengan cara yang aman dan nyaman sehingga tidak terganggu dengan cuaca buruk yang dapat berpotensi terjadi.

BACA JUGA:Peringatan Hari Santri Nasional 2024 Pada 22 Oktober Apakah Libur Sekolah? Cek Informasinya

Berikut wilayah yang telah dinyatakan waspada terhadap dampak hujan lebat pada hari Selasa, 15 Oktober 2024.

Di antara wilayah-wilayah yang harus waspada adalah Aceh, DKI Jakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Lampung.

Selain itu ada Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Sumatera Utara.

Sementara itu, potensi hujan lebat masih berlanjut di berbagai daerah dengan cakupan wilayah yang lebih luas pada hari Rabu, 16 Oktober 2024.

BACA JUGA:Gegara Diminta Ganti Rugi oleh Kantornya, Pria di Teluknaga Pilih Akhiri Hidup

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat bahwa status waspada berlaku untuk wilayah-wilayah seperti Aceh, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara.

Ditambah dengan Lampung, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara.

Dalam kondisi cuaca yang tidak menentu seperti ini, penting bagi masyarakat dan pemerintah setempat untuk selalu waspada dan siap menghadapi segala kemungkinan yang terjadi akibat hujan lebat.

Langkah-langkah pencegahan dan penanggulangan dapat membantu mengurangi risiko bencana yang dapat terjadi. Semua pihak perlu bekerjasama dalam memitigasi dampak dari fenomena alam ini untuk menjaga keselamatan dan kesejahteraan bersama.

Kategori :