Ekonom Sambut Optimis Penunjukan Tiga Wamenkeu Oleh Prabowo

Rabu 16-10-2024,22:59 WIB
Reporter : Bianca Khairunnisa
Editor : M. Ichsan

JAKARTA, DISWAY.ID-- Usai resmi menunjuk Sri Mulyani untuk kembali menjabat sebagai Menteri Keuangan di kabinet pemerintahannya nanti, Presiden Terpilih Prabowo Subianto juga dikabarkan telah menunjuk tiga orang yang akan menjadi Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu).

Penunjukan ini untuk membantu tugas Sri Mulyani nanti, yaitu Ekonom Senior Anggito Abimanyu, Thomas Djiwandono, Suahasil Nazara.

BACA JUGA:Nama 3 Wamenkeu Dampingi Sri Mulyani di Pemerintahan Prabowo

BACA JUGA:Wamenkeu Pastikan Seluruh Program Kerja Prabowo-Gibran Masuk di RAPBN 2025

Dalam keterangannya, Anggito menyampaikan bahwa keputusan ini diambil dengan mempertimbangan tugas, beserta kewajiban Menkeu yang memiliki tanggung jawab yang besar.

"Tugasnya (Menkeu) berat dan cakupannya juga cukup luas. Tanggung jawabnya untuk tidak hanya menjaga stabilitas, tapi juga mengembangkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan," ujar Anggito dalam keterangan resminya pada Selasa 15 Oktober 2024.

Menanggapi keputusan Prabowo ini, para Ekonom menilai bahwa keputusan Prabowo untuk menjadikan ketiga nama tersebut sebagai Wamenkeu sebagai keputusan yang tepat. 

BACA JUGA:Profil Thomas Djiwandono, Wamenkeu yang Baru Dilantik Jokowi, Keponakan Prabowo yang Pernah Jadi Wartawan

BACA JUGA:Mahfud MD Sebut Dugaan Pencucian Uang Transaksi Rp 189 Triliun di Bea Cukai, Wamenkeu Jelaskan Begini

Menurut keterangan Ekonom sekaligus Dosen Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta, Achmad Nur Hidayat, bergabungnya Anggito Abimanyu dan Thomas Djiwandono ke  dapat membawa perspektif baru dalam tim ekonomi Sri Mulyani dan Suahasil Nazara.

"Di tengah kondisi ekonomi global yang terus berubah, diperlukan pemimpin yang memiliki kemampuan strategis dan inovatif dalam merumuskan kebijakan,” ujar Achmad saat dihubungi oleh Disway pada Rabu 16 Oktober 2024.

“Persoalan saat ini adalah bahwa hanya Anggito Abimanyu dan Thomas Djiwandono yang membawa perspektif baru ke dalam tim, keduanya relatif lebih segar dalam pendekatan mereka dibandingkan dengan Sri Mulyani dan Suahasil Nazara, yang kinerjanya selama ini belum menunjukkan hasil yang signifikan dalam hal pertumbuhan ekonomi," jelasnya.

BACA JUGA:Target Pertumbuhan 8 Persen, Ini Harapan Ekonom untuk Menkeu Baru

BACA JUGA:Sri Mulyani Dikabarkan Menjadi Menkeu di Kabinet Prabowo, Begini Tanggapan Bos Blue Bird

Selain itu, Achmad juga berharap kehadiran Anggito Abimanyu dan Thomas Djiwandono diharapkan dapat memberikan ide-ide baru yang lebih segar dan efektif dalam merumuskan kebijakan ekonomi yang proaktif dan sesuai dengan tantangan masa kini.

Kategori :