DLH DKI Jakarta Terjunkan 1.400 Petugas Kebersihan Saat Pelantikan Prabowo-Gibran

Kamis 17-10-2024,12:04 WIB
Reporter : Cahyono
Editor : Subroto Dwi Nugroho

JAKARTA, DISWAY.ID -- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta menyiapkan 1.400 personel kebersihan saat acara pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menjadi Presiden dan Wakil Presiden pada Minggu, 20 Oktober 2024.

Nantinya, pasukan petugas kebersihan ini ditempatkan di berbagai titik strategis untuk memastikan Jakarta tetap bersih selama dan setelah acara pelantikan Prabowo.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan, personel kebersihan ini secara khusus ditugaskan di sejumlah lokasi utama yang menjadi pusat pelaksanaan acara dan keramaian massa. 

BACA JUGA:Takziah ke Mantan Bupati Tangerang, Pj Walikota: Jasanya Tidak akan Dilupakan Masyarakat Tangerang

BACA JUGA:Pria di Tangerang Dibacok Gerombolan, Disiram Air Keras Pakai Gayung

"Kami berkomitmen dalam memastikan kebersihan Jakarta menjelang dan setelah pelantikan berlangsung. Untuk itu, 600 personel pada saat persiapan dan 800 personel saat acara berlangsung akan kami turunkan," kata Asep melalui keterangan tertulis pada Kamis, 17 Oktober 2024.

Kata Asep, petugas kebersihan dikonsentrasikan di area sekitar Gedung DPR/MPR RI, Istana Negara, Kawasan Monas, Jalan Thamrin-Sudirman, serta sekitar Bandara Halim Perdanakusuma.

Pasalnya titik-titik tersebut diprediksi akan dipadati masyarakat saat acara pelantikan Prabowo berlangsung.

Selain itu, DLH juga mengerahkan sarana dan prasarana untuk menjaga kebersihan, seperti 45 unit Road Sweeper, 15 unit Truk Anorganik, 10 unit Mini Dump Truck, 13 bus toilet, serta fasilitas penunjang lainnya.

Tidak hanya itu, DLH juga memberikan perhatian khusus sekitar hotel-hotel tempat tamu kenegaraan menginap, serta jalur lintasan mereka.

BACA JUGA:Hendak Berangkat Kerja ke Proyek Malah Ketemu Bayi, Dibalut Kain Jarik

BACA JUGA:Sambut Halloween, Dufan Ancol Hadirkan Parade Hantu, Ada Vampire hingga Valak

"Kami juga menempatkan banyak tempat sampah tambahan di area-area publik untuk memudahkan masyarakat menjaga kebersihan selama acara berlangsung," tambah Asep.

Asep menyebut, pihaknya telah menyusun skema penanganan kebersihan dalam tiga tahap, yakni persiapan, pelaksanaan, dan pasca-acara.

Pembersihan persiapan akan dilakukan mulai 17-19 Oktober, sementara pada 20 Oktober dilakukan pembersihan secara intensif, kemudian pembersihan pasca-acara akan berlangsung pada 21-22 Oktober.

Kategori :