Dukung Industri Kreatif dan UMKM di Jakarta, Cagub Pramono Bakal Siapkan Hibah Rp3,3 Triliun

Jumat 18-10-2024,20:07 WIB
Reporter : Fajar Ilman
Editor : Fandi Permana

JAKARTA, DISWAY.ID - Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 3, Pramono Anung mengaku bakal menyiapkan program memajukan industri kreatif dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk warga Jakarta.

Pramono menilai, pelaku industri kreatif dan UMKM seharusnya difasilitasi oleh pemerintah guna membuka akses lapangan kerja baru bagi seluruh masyarakat.

BACA JUGA:Pramono Siap Bekerja Sama dengan Prabowo Jika Terpilih Jadi Gubernur Jakarta

BACA JUGA:Ridwan Kamil Tegaskan Pertemuan Prabowo dan Pramono Tak Ada Hubunganya dengan Pilkada Jakarta

Mengancu hal itu, Pramono menyebut jika diberikan amanah masyarakat, pihaknya bakal menyediakan dana hibah sebesar kurang lebih dari 3,3 Triliun dari APBD untuk digunakan dalam kegiatan industri kreatif, seni dan pengembangan UMKM.

"Selama ini ada namanya dana Silva, itu digunakan untuk hal hal yang macem macem kalau saya akan minta nanti, itu dana 3 T saya akan gunakan untuk Jakarta fun, dan 300 m saya gunakan untuk dana hibah UMKM," kata Pramono, dikutip Jumat, 18 Oktober 2024.

Pramono menyebut, dana itu nanti nya akan digunakan sebagai salah satu program mendorong peluang pembukaan lapangan kerja bagi masyarakat Jakarta. Pramono menegaskan, penciptaan lapangan kerja akan menjadi fokus utama dirinya ketika nanti terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Hal itu tak terlepas dari jumlah angka   pengangguran di Jakarta yang tiap tahun semakin meningkat.

BACA JUGA:Pramono Anung Soroti Insiden Kebakaran di Tambora, 'Pentingnya Early Warning System'

BACA JUGA:Pramono Datang Saat Prabowo Panggil Calon Menteri, PDIP Sebut Hanya Bawa Pesan Megawati

"Jadi nantinya ya, kita akan buka lapangan kerja dari dana itu," tegasnya.

Lebih lanjut, Pramono menilai, bahwa program penciptaan unit lapangan kerja dengan melibatkan pelaku seni dan industri kreatif itu menjadi prioritas utama guna mencegah ketimpangan ekonomi bagi warga Jakarta.

Disisi lain, menurut Pramono, saat ini industri kreatif dan kesenian seharusnya dapat menjadi tonggak kemajuan ekonomi warga lantaran didukung dengan kemajuan dunia digital yang semakin terbuka serta dapat diakses oleh warga Jakarta.

Pramono menambahkan, yang paling terpenting dalam program cipta kerjasama lapangan kerja bersama pelaku industri kreatif dan seni itu nanti dapat mudah diakses oleh seluruh masyarakat dan tidak lagi dipersulit dengan persyaratan birokrasi.

"Saya berani menyatakan ya ini secara terbuka, bahwa itu menjadi program saya untuk membuka lapangan kerja baru, dan yang paling penting tidak mempersulit," tandas Pramono. 

Kategori :