Ridwan Kamil Bakal Hadirkan Kurikulum Berbasis Budaya Betawi di Sekolah

Sabtu 19-10-2024,19:15 WIB
Reporter : Candra Pratama
Editor : Fandi Permana

JAKARTA, DISWAY.ID -- Calon Gubernur Jakarta nomor urut 01, Ridwan Kamil (RK) berencana hadirkan kurikulum berbasis budaya betawi di sekolah.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri pagelaran seni Betawi yang berlangsung di Pasar Jabon, Meruya Utara, Jakarta Barat pada Sabtu, 19 Oktober 2024.

BACA JUGA:Ridwan Kamil Akui Masih Bingung Hadapi Debat Kedua

BACA JUGA:Ridwan Kamil Bakal Gelar Program Pemagangan untuk Gen Z Jakarta

"Kurikulum berbasis kebudayaan Betawi juga nanti jadi masuk ke kurikulum sekolah," ujarnya kepada awak media di lokasi, Sabtu.

Awalnya, awak media bertanya kepada RK soal langkah konkret untuk melestarikan budaya betawi, jika nantinya terpilih menjadi orang nomor 1 di Jakarta.

RK pun menjawab dengan santai. Dia mengatakan bahwa bagian konkret untuk melestarikan budaya betawi adalah dengan mendirikan lembaga adat.

"Kemudian juga (seperti) arsitektur Betawi di gerbang-gerbang komplek kita hadirkan, kurikulum berbasis kebudayaan Betawi juga nanti jadi masuk ke kurikulum sekolah," tuturnya.

BACA JUGA:Soal Pemilih Anies Dukung Pramono-Rano, Ridwan Kamil Sebut Sebagiannya Beralih ke Pasangan RIDO

Tak berhenti di situ, Kang Emil sapaan akrabnya mengaku, menonton lenong membuat hatinya merasa terhibur. Pasalnya, ia ingin merasakan bahagia ketika dihibur oleh banyak orang.

"Kalau nonton lenong hati saya terhibur ingin merasakan rasa bahagia di hibur itu sebanyak banyaknya," imbuhnya.

Kemudian, RK juga menyoroti soal tingkat stress masyarakat Jakarta yang berada diurutan ke-9 dunia. Dari hal tersebut, membuat dirinya bergejolak untuk menciptakan panggung hiburan di Jakarta.

"Itu lah kenapa kita ada program car free night, program untuk UMKM, dan program budaya, di jalannnya ditutup pameran kuliner, (kemudian) di tengahnya ada panggung lenong," urainya.

BACA JUGA:Ridwan Kamil Dukung Ekonomi Kreatif, Jakarta Harus Jadi Kota Kreatif Global

RK pun berjanji, jika nantinya terpilih akan mewajibkan setiap kecamatan di Jakarta untuk melestarikan budaya Betawi. Contohnya seperti membuat pagelaran seni atau hibura di setiap bulannya.

Kategori :