Teknik Operasi dengan Teknologi Robotik di RSCM Bisa Atasi Tumor Usus Hingga Pankreas

Kamis 24-10-2024,17:37 WIB
Reporter : Hasyim Ashari
Editor : Khomsurijal W

JAKARTA, DISWAY.ID-- Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) menghadirkan alat untuk menjalani operasi bedah dengan menggunakan teknologi robotik.

Teknologi robotik menjawab kebutuhan akan teknik bedah minim invasif, yang semakin diminati oleh pasien karena menawarkan pemulihan yang lebih cepat, resiko komplikasi yang rendah, serta tingkat rasa sakit yang lebih sedikit dibandingkan dengan metode konvensional.

dr. Wifanto Saditya Jeo Dokter Spesialis Bedah Digestif RSCM Kepala Instalasi Bedah Pusat menjelaskan bahwa teknologi robotik ini bisa juga untuk operasi besar pada organ-organ penting manusia.

BACA JUGA:Kemenperin Perluas Pasar IKM Lokal dengan Pendekatan OVOP, Apa Itu?

Mulai dari operasi besar pankreas, tumor usus, hingga area-area organ dalam yang sulit dijangkau seperti tumor lubang anus.

"Bisa, jadi organ pankreas yang kompleks di belakang, organ tumor usus, tumor prostat, tumor deket lubang pembuangan yang di bawah, iya itu kan posisinya sulit tuh. Jadi dengan alat ini kita juga bisa lebih presisi," ujarnya, Kamis 24 Oktober 2024.

"Jadi alat ini multifungsi dan multidisiplin," sambungnya.

Lebih lanjut, dr. Wifanto Saditya Jeo mengatakan bahwa pihaknya sudah menyusun soal tarif teknologi robotik.

dr. Wifanto Saditya Jeo berharap tarif tersebut bisa memperluas jaringan hingga mencapai ke seluruh lapisan masyarakat.

BACA JUGA:RSCM Hadirkan Teknik Operasi dengan Teknologi Robotik, Berapa Sih Tarifnya?

"RSCM akan menyusun tentunya tadi kan indikasi, tarif, agar masyarakat bisa mencapai dengan alat yang baru ini ada kalkulasinya," ujarnya.

"Dengan demikian, nanti kita akan menyusun tarif ataupun biaya yang harus dikeluarkan sehingga kita bisa memperluas jaringan dan ke masyarakat," jelasnya.

Kategori :