JAKARTA, DISWAY.ID – PT Pelindo menyelenggarakan pelatihan pemasaran bagi Badan Usaha Milik Masyarakat (BUMMas) di Kampung Bahari sebagai upaya memberdayakan ekonomi masyarakat pesisir dan meningkatkan kesejahteraan komunitas.
Kegiatan ini bertujuan memperkuat sektor UMKM dan menciptakan masyarakat yang mandiri secara ekonomi di kawasan pesisir.
BACA JUGA:Pelindo Gelar Program TJSL Biodiversity Camp, Tingkatkan Kesadaran Lingkungan Siswa SMK Pelayaran
BACA JUGA:Kuartal III 2024, SPSL Pelindo Bukukan Kinerja Positif dengan Pertumbuhan Operasi Layanan
"Ini komitmen kami mendukung UMKM. Melalui serangkaian program pelatihan, kami yakin UMKM bisa lebih maju dengan peningkatan keterampilan," ujar Ardhy Wahyu Basuki, Group Head Sekretariat PT Pelindo, Kamis 14 November 2024.
Pelatihan ini dirancang untuk memperkaya wawasan dan keterampilan masyarakat dalam memasarkan produk secara lebih efektif, sehingga mereka dapat bersaing di pasar yang lebih luas. Program ini mengajarkan materi pengembangan brand dan identitas produk, pemahaman tentang segmentasi pasar, strategi pemasaran digital, serta pengelolaan hubungan pelanggan.
Melalui kolaborasi ini, PT Pelindo berharap dapat mengoptimalkan potensi lokal Kampung Bahari yang berada di ring 1 Pelabuhan, sehingga tercipta komunitas yang mandiri secara ekonomi.
“Untuk keberlanjutan program, Pelindo bersama sejumlah mitra akan melakukan monitoring terhadap perkembangan usaha peserta pelatihan, memberikan dukungan tambahan berupa modal usaha kecil, serta membantu mereka memanfaatkan platform pemasaran digital yang telah dipelajari,” jelasnya.
BACA JUGA:Pelindo Kokoh Pertahankan Peringkat idAAA
BACA JUGA:Segera Hadir, Layanan Marina Kelas Dunia Bakal Layani Ribuan Turis di Pelabuhan Benoa Milik Pelindo
Ardhy berharap, Kampung Bahari bisa menjadi contoh bagi daerah pesisir lainnya dalam mengembangkan produk lokal dengan dukungan pemasaran yang baik.
Dalam jangka panjang, program ini diharapkan dapat menciptakan masyarakat yang tidak hanya mandiri secara ekonomi, tetapi juga mampu berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan zaman.
Departemen Head Program TJSL Pelindo, Febrianto Zenny menambahkan, pelatihan pemasaran bagi Badan Usaha Milik Masyarakat (BUMMas) di Kampung Bahari hanyalah salah satu contoh aktivitas perusahaan dalam memperkuat perekonomian masyarakat pesisir, terutama yang berada di sekitar pelabuhan.
“Melalui serangkaian program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), Pelindo berkomitmen mendukung pemerintah mempercepat pencapaian target pembangunan berkelanjutan (SDG's), khususnya dalam mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi komunitas lokal,” kata Febrianto.