Sementara itu, adanya krisis kepercayaan public menjadi sebuah tantangan yang harus dihadapi dalam dunia digital.
Berdasarkan laporan Edelman Trust Barometer 2024 menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat terhadap institusi bisnis cenderung menurun dibanding tahun-tahun sebelumnya.
“Tapi orang lebih ingin mendengar langsung dari individual di perusahaan-perusahaan tersebut, eksekutif dari perusahaan-perusahaan tersebut.
Sehingga transparansi dan akuntabilitas menjadi kunci dalam menjaga kepercayaan audiens,” tegas Haviez.
Disisi lain, sebagai seorang PR, harus bisa bersanding dengan kecepatan media digital. Informasi dewasa menyebar begitu cepat dimana menurut riset statista 2024, 53% konsumen mengharapkan respon dalam waktu kurang dari 1 jam.
“Jadi kita sudah tidak lagi can afford untuk complacent gitu ya. Kita mau gak mau harus punya mekanisme yang mumpuni untuk bisa mengidentifikasi isu secara early, intercept, dan kemudian address,” pungkas Haviez.
Ia juga turut memberikan apresiasi kepada Warta Ekonomi karena telah menyelenggarakan acara penghargaan untuk PR.
“Acara penghargaan seperti ini tentunya memiliki makna yang sangat mendalam. Tidak hanya sebagai bentuk pengakuan atas profesionalisme dan dedikasi tetapi juga sebagai pengingat bahwa keberlanjutan eksistensi public relations harus memberikan manfaat yang nyata,” ujar Haviez.
Adapun daftar pemenang dalam acara Indonesia Public Digital Award 2023 dengan tema Crossing Culture and Channels Public Relations in Digital Era sebagai berikut :
1. PT Trimegah Bangun Persada (Harita Nickel) dengan kategori Energy & Mining sebagai Best Public Relations 2025 in Leading Initiatives to Foster Transparency and Corporate Responsibility
2. Pertamina EP Cepu dengan kategori Energy & Mining sebagai Best Public Relations 2025 in Showcasing Commitment to Sustainability through Community Engagement and Environmental Initiatives
3. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dengan kategori Conventional Bank sebagai Best Public Relations 2025 in Supporting Business Expansion and Promoting Economic Growth Through Strategic Initiatives
4. PT Toyota Astra Motor dengan kategori Automotive sebagai Best Public Relations 2025 in Expanding Market Share by Connecting Customer Needs with Products Innovation
5. PT SGMW Motor Indonesia dengan kategori Automotive sebagai Best Public Relations 2025 in Driving Awareness and Adoption of Sustainable Transportation Solutions