Astra Argo Gandeng Generasi Muda Majukan Produk Lokal ke Pasar Global Lewat Literasi Digital

Minggu 29-06-2025,21:34 WIB
Reporter : Fandi Permana
Editor : Fandi Permana

JAKARTA, DISWAY.ID - Upaya mendorong keterlibatan pemuda dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terus digalakkan, khususnya di wilayah-wilayah rural yang memiliki potensi sumber daya melimpah.

Literasi digital dan budaya inovasi dinilai menjadi bekal penting bagi generasi muda untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lokal.

BACA JUGA:Xooply by Metranet Dukung Transformasi Ekosistem Digital Koperasi Astra

BACA JUGA:Gandeng Astra Financial dan WeLab, Bank Saqu Siap Bawa Digitalisasi ke Sistem Keuangan

Wilayah sentra perkebunan kelapa sawit, yang umumnya berada jauh dari pusat kota, dinilai memiliki peluang besar untuk mengembangkan produk lokal agar mampu bersaing di pasar nasional maupun internasional.

Keterlibatan pemuda dalam membangun UMKM di daerah ini dianggap krusial dalam menciptakan kemandirian ekonomi masyarakat.

Melalui berbagai program pembinaan dan dukungan sosial, pemuda lokal didorong untuk aktif berwirausaha, termasuk yang tidak berkaitan langsung dengan komoditas sawit. Pendekatan ini bertujuan untuk memperluas sektor usaha masyarakat desa dan menciptakan generasi muda yang mandiri serta berdaya saing tinggi.

BACA JUGA:Komitmen FIFGroup Tingkatkan Literasi Keuangan, Dukung Rangkaian KLiK Astra Financial di Medan

BACA JUGA:Tabel Angsuran KUR BCA 2025 Rp150 Juta Punya Cicilan Ringan dengan Tenor Maksimal 5 Tahun, Pinjaman Dana UMKM Bisa Cepat Cair

Untuk itu, PT Astra Agro Lestari Tbk (Astra Agro) melalui program-program Corporate Social Responsibility (CSR) mendorong peran aktif pemuda di seluruh area dimana entitas anak usaha perusahaan berada. 

Data Kementrian Keuangan Republik Indonesia menyebutkan peran krusial pemuda dalam  pembangunan wilayah melalui sektor UMKM dengan penyerapan tenaga kerja dan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Kontribusi UMKM terhadap PDB mencapai lebih dari  60%, dan menyerap hampir 97% tenaga kerja di Indonesia.

“Kami percaya bahwa masa depan desa ada di tangan para pemudanya. Jika mereka diberi  ruang, didukung dan dipandu dengan baik, mereka bisa membawa perubahan besar dari  desa untuk Indonesia,” kata VP Communication dan Public Affairs Astra Agro, Fenny Sofyan

Melalui anak usahanya yakni PT Letawa yang berada di Pulau Sulawesi, Astra Agro bekerja sama dengan komunitas pemuda Inisiasimuda melaksanakan berbagai program sosial, edukasi, dan lingkungan di wilayah Tikke Raya, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat.

Ketua dan Pendiri Inisiadimuda, Fatur Rahman Hidayat Marshas menyebutkan, pemberdayaan  pemuda khususnya di daerah memang tak bisa secara instan. Diperlukan pelatihan dan  pendampingan yang komprehensif mulai dari ilmu dasar, analisis bisnis hingga strategi marketing yang jitu agar sukses di pasar.

“Meskipun telah memiliki literasi digital yang baik, namun masih harus diberikan  pelatihan-pelatihan agar penggunaannya tepat dan bermanfaat terutama dalam mengembangkan UMKM,” jelas Fatur.

Kategori :