JAKARTA, DISWAY.ID - Setiap 25 September, dunia memperingati Hari Apoteker Sedunia sebagai momen untuk mengapresiasi peran penting apoteker dalam menjaga kesehatan masyarakat.
Meski sering kali dianggap hanya sebatas “penjual obat”, nyatanya apoteker memegang tanggung jawab yang sama vitalnya dengan dokter, yakni memastikan pasien mendapatkan terapi yang aman, tepat, dan sesuai kebutuhan.
Di perayaan tahun ini, AS Watson, perusahaan ritel kesehatan dan kecantikan terbesar di dunia memberikan penghargaan khusus kepada lebih dari 3.000 apoteker dan hampir 10.000 tenaga kesehatan yang tersebar di seluruh jaringan globalnya.
Mereka bukan hanya hadir di balik meja apotek, tetapi juga menjadi garda terdepan dalam memberikan edukasi, konsultasi, dan dukungan gaya hidup sehat kepada masyarakat.
“Komitmen apoteker kami tidak hanya sebatas layanan di toko. Mereka juga hadir lewat konsultasi online untuk memastikan pelanggan bisa mendapatkan saran kesehatan terpercaya kapan saja dan di mana saja,” ujar Peter Macnab, International Commercial Director AS Watson.
Lonjakan Tren Wellness, Peran Apoteker Makin Krusial
Dalam 12 bulan terakhir, permintaan masyarakat terhadap produk kesehatan dan wellness meningkat pesat.
Penjualan vitamin dan suplemen naik lebih dari 10%, sementara kategori diet dan fitness melonjak hingga 20%.
Bahkan, segmen manajemen berat badan tumbuh lebih dari 130%, seiring meningkatnya perhatian terhadap obesitas global.
Di tengah tren ini, apoteker memainkan peran sentra dimulai dari memberikan rekomendasi suplemen, panduan nutrisi, hingga tips gaya hidup sehat yang lebih berkelanjutan.
BACA JUGA:Universitas Esa Unggul Resmikan Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker
Dengan kata lain, masyarakat kini tidak hanya bergantung pada dokter, tetapi juga semakin percaya pada keahlian apoteker sebagai mitra kesehatan.
Perubahan demografi juga memperlihatkan tren baru. Generasi muda mencatat pertumbuhan konsumsi produk kesehatan hingga 30% dalam setahun terakhir.
Mereka aktif mencari saran ahli untuk mendukung gaya hidup sehat jangka panjang.
Di sisi lain, generasi senior kini berkontribusi lebih dari 30% dari pelanggan kesehatan Watsons, dengan frekuensi belanja 1,4 kali lebih banyak dibandingkan rata-rata.