Rekomendasi dan ulasan produk dari KOL memengaruhi lebih dari 85% konsumen di Indonesia serta membentuk lebih dari 60% keputusan pembelian.
Sepanjang 2023, tercatat 86,3% merek di Indonesia telah menjalankan kampanye pemasaran influencer, dengan 57,5% diantaranya mengalokasikan lebih dari Rp100 juta untuk aktivitas tersebut.
Dari sisi perilaku pengguna, sekitar 76% pengguna media sosial mengikuti setidaknya satu influencer, dan 68% di antaranya pernah melakukan pembelian berdasarkan rekomendasi influencer.
BACA JUGA:Puluhan Santri Masih Tertimbun di Ponpes Al Khozyni, Tim SAR Fokus Evakuasi Manual
BACA JUGA:Rezeki 3 Zodiak Gak Habis-Habis di Oktober 2025, Cuan Ngalir Terus
Dinamika ini semakin diperkuat oleh pertumbuhan periklanan digital di Indonesia, yang ditopang oleh 143 juta pengguna media sosial atau sekitar setengah dari total populasi, meningkat 2,9% dibandingkan tahun sebelumnya.
Chief Executive Officer mahakaX, Ronny W. Sugiadha, menyatakan, “Kemitraan strategis antara mahakaX dan Tencent Cloud ini menegaskan komitmen kami dalam menghadirkan solusi kecerdasan buatan yang terlokalisasi khusus untuk pasar Indonesia.
Dengan memanfaatkan kekuatan ekosistem media dan konten lokal milik mahakaX, serta keunggulan teknologi Tencent Cloud dalam AI, cloud, dan platform digital human,
BACA JUGA:HOKI! Nasib 5 Shio Ini Bakal Dapat Rezeki Nomplok Sepanjang Oktober 2025
Kami yakin kolaborasi ini akan membuka peluang baru melalui model bisnis berkelanjutan, sekaligus menghadirkan pengalaman pengguna yang relevan serta sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.”
Poshu Yeung, Head of Tencent Cloud International, mengatakan, “Basis konsumen Indonesia yang muda, dinamis, dan mobile-first dalam mencari konten digital yang menarik, baik untuk hiburan maupun mendukung keputusan pembelian bagi mereka.
Kolaborasi kami dengan mahakaX akan menghadirkan pengalaman unik berbasis AI yang sangat mudah diskalakan bagi mitra ekosistem dan konsumen mereka, sekaligus memungkinkan Tencent Cloud untuk terus berkembang di Indonesia dan kawasan regional.”
BACA JUGA:Giliran Presiden Madagaskar Didemo Massa, Gelombang Gen Z Ditembak Gas Air Mata
BACA JUGA:Mayoritas Naik! Harga BBM di Pertamina, Shell, BP, dan Vivo per 1 Oktober 2025
Solusi ini tersedia bagi pengguna bisnis di Indonesia dan juga diperluas untuk pasar konsumen yang lebih luas, mencakup segmen B2B maupun B2C, sehingga hasil yang ditawarkan selaras dengan budaya masyarakat Indonesia.