Telkomsigma Kenalkan Digitalisasi Mikro Banking berbasis AI untuk BPR-BPRS-Koperasi

Kamis 23-10-2025,12:34 WIB
Reporter : Reza Permana
Editor : Reza Permana

YOGYAKARTA, DISWAY.ID - Dalam upaya mempercepat transformasi digital di sektor perbankan mikro, PT Sigma Cipta Caraka (Telkomsigma) sebagai salah satu anak perusahaan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, telah menggelar forum kolaborasi strategis dengan para pelaku industri BPR-BPRS-Koperasi di seluruh Indonesia dalam acara Micro Banking Connect 2025 yang bertajuk “Akselerasi Pertumbuhan Bisnis BPR-BPRS-Koperasi melalui Adopsi Inovasi Digital.”

Acara tersebut berlangsung di Yogyakarta pada 9 Oktober 2025.

Peta peran digitalisasi tidak hanya akan memperluas dan memajukan industri mikro banking, namun juga memperkuat akses keuangan masyarakat terhadap instrumen pembayaran, terutama bagi para pelaku usaha mikro dan kecil di berbagai wilayah Indonesia.

Hal ini selaras dengan apa yang disampaikan dalam sambutan Kepala OJK Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Eko Yunianto, bahwa fungsi BPR/BPRS telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pemerataan ekonomi, khususnya daerah yang belum sepenuhnya terjangkau oleh layanan bank umum.

BACA JUGA:Mitsubishi Elevance Concept and Adventure-Inspiring Lineup Meluncur di Japan Mobility Show 2025

BACA JUGA:Jelang Laga Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia 2025, Brasil Tebar Sinyal Bahaya

Berdasarkan data Bank Indonesia (BI), transaksi digital terus meroket termasuk pada aplikasi mobile dan internet, tercatat pada triwulan-II 2025 tumbuh 30,51 persen year-on-year (yoy) sehingga mencapai 11,67 miliar transaksi.

Sejalan dengan hal tersebut, Eko Yunianto menambahkan bahwa pertumbuhan tersebut juga tercermin pada kinerja yang positif pada BPR/BPRS dengan pertumbuhan total aset YoY sebesar 6,50 persen.

Namun demikian, masih terdapat ruang bagi mikro banking untuk terus meningkatkan performanya melalui dukungan pengembangan IT baik dari Infrastruktur, modernisasi core banking system, keamanan siber yang tangguh, maupun arsitektur digital yang akan mendukung inovasi produk dan layanan.

BACA JUGA:Modus Polisi yang Catcalling Wanita di Depan Mabes Polri Ternyata Iseng!

BACA JUGA:Giliran Siswa SDN Meruya Selatan 01 Keracunan MBG, Wakepsek Curiga Penyebabnya dari Puding

“Telkomsigma sebagai salah satu pioneer layanan core banking system di Indonesia, semakin menegaskan komitmennya untuk terus memperkuat kapabilitasnya pada layanan B2B IT Services, khususnya pada sektor mikro banking guna mendukung akselerasi pertumbuhan bisnis BPR/BPRS/Koperasi dan meningkatkan customer experience bagi nasabah,” ungkap CEO Telkomsigma Dwi Sulistiani.

“Guna percepatan tersebut, maka perlunya kita mendalami perkembangan teknologi Artificial Intelligence (AI), cyber security, cloud, digital banking, dan connectivity yang dapat membantu BPR/BPRS/Koperasi melakukan percepatan transformasi digital,” lanjut Dwi.

Sejalan dengan hal tersebut, Wakil Pimpinan Redaksi Infobank Karnoto Mohamad juga menyampaikan bahwa industri mikro banking harus segera merespon era digital keuangan untuk membuat transaksi menjadi lebih efisien dengan tetap memitigasi berbagai risiko yang dapat terjadi.

BACA JUGA:Resmi! QRIS Tap Kini Berlaku di MRT, KRL dan Transjakarta, Ini Cara Pakainya dan Kendalanya

Kategori :