10 Cara Penggunaan AC yang Benar Agar Tagihan Listrik Tak Jebol

Sabtu 21-05-2022,14:27 WIB
Reporter : Derry Sutardi
Editor : Derry Sutardi

Beberapa orang berpikir, karena ingin sekali mengirit tagihan listrik, mereka mematikan AC saat keluar ruangan beberapa saat, lalu kemudian menyalakan kembali AC setelah beberapa menit kemudian. 

Dengan cara ini yang terjadi adalah listrik AC kamu malah akan menjadi lebih boros.

Karena butuh daya yang lebih besar untuk membuat kompressor menyala pertama kali, dibandingkan untuk membuat AC menyala secara konsisten, daya listrik yang dibutuhkan untuk menyalakan kompressor bisa sampai 20-30% lebih besar baru kemudian perlahan terus turun ke batas normal. 

6. Tidak terlalu sering menggunakan mode powerful

Banyak orang yang tidak sabaran ingin segera cepat dingin menggunakan mode powerful pada remote. 

Mode ini membuat kompressor dan fan bekerja lebih keras dari kondisi normal dan membuat tagihan listrik anda jadi bengkak.

Sesekali boleh menggunakan mode ini jika memang anda butuh pendinginan ruangan yang lebih cepat, tapi hati - hati jika kamu menggunakan tipe AC yang mode powerfulnya tidak otomatis ada timernya, karena jika kelupaan maka mode powerful akan terus berjalan dan penggunaan listrik menjadi boros

7. Menggunakan Settingan Fan Speed di mode paling rendah atau menggunakan Auto

Rata - rata AC sekarang ini menyediakan pengaturan fan speed ada yang 3 tingkat, dan ada juga yang 5 tingkat. Sebaiknya gunakan fan speed yang paling rendah atau ditengah - tengah saja, karena pengaturan fan speed yang tinggi akan membuat kerja kompressor lebih keras dan menjadi lebih boros.

Atau boleh juga nyobain mode auto, dimana fan speed akan bekerja sedikit kencang di awal, namun akan perlahan turun ketika suhu udara kembali ke mode normal. 

Hanya saja pastikan suhu remote yang anda pilih berkisar di 23-25 derajat. Karena jika tidak, AC tidak akan mencapai targetnya dan akan terus berada pada posisi angin yang kencang.

8. Beli AC yang memiliki sensor manusia atau sensor gerak

AC sekarang sudah dilengkapi dengan teknologi sensor yang dapat mendeteksi manusia atau gerakan tubuh. Sehingga disaat tidak banyak pergerakan dan tidak banyak orang di dalam ruangan, maka AC akan dengan otomatis mengurangi kerja kompressornya dan membuat tagihan lebih irit. 

Sementara disaat AC mendeteksi banyak gerakan dan manusia, AC kamu dengan otomatis bekerja sedikit lebih keras agar udara tetap dingin.

9. Pastikan AC di Service Rutin minimal 3 bulan sekali

Indoor dan Outdoor AC perlu dicuci rutin, karena apabila tidak dilakukan maka debu dan kotoran yang menempel pada suku cadang AC akan membuat kinerja AC lebih berat sehingga kompressor menjadi lebih panas dan membutuhkan daya lebih tinggi untuk mendinginkan ruangan.

Kategori :