Sejarah Filosofi Hingga Cara Membuat Rendang, Masakan Indonesia yang Mendunia

Rabu 09-11-2022,22:34 WIB
Reporter : Aisyah Adilah
Editor : M. Ichsan

JAKARTA, DISWAY.ID-- Rendang pernah dinobatkan sebagai makanan terenak nomor satu di dunia. Masakan khas Sumatera Barat ini juga ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 

Namun, Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengatakan bahwa pencapaian itu belum cukup. Oleh karena itu, pemerintah berupaya agar rendang dapat dinobatkan sebagai Warisan Negara Tak Benda dari Indonesia oleh UNESCO. 

BACA JUGA:Penasaran Ingin Melihat Langsung, Xmax Connected Jadi Favorit Pengunjung Booth Yamaha di IMOS 2022

BACA JUGA:Facebook Bakalan Pecat Belasan Ribu Pegawainya, Mark Zuckerberg Ungkap Kesalahannya

Untuk mendukung hal tersebut, Pemerintah Provinsi Sumbar telah melakukan berbagai kegiatan seperti mendirikan Kampung Rendang, juga mengadakan Festival Rendang. 

Rendang merupakan makanan berbahan dasar daging yang dimasak dengan waktu yang cukup lama menggunakan berbagai bumbu rempah.

Rendang memiliki ciri daging yang dipotong-potong, bumbu yang coklat pekat, dan juga aroma yang kuat berasal dari rempah-rempahnya. 

BACA JUGA:Viral! Pegawai SPBU Ujug-ujug Dicabok Orang Tak Dikenal di Sidoarjo, Motif Gegara Goda Istri Pelaku?

BACA JUGA:Yuk, Cobain 3 Resep Brownies Kukus Chocolatos Super Lembut, Mudah Dibuat dan Anti Gagal

Asal Usul Rendang 

Para peneliti mengatakan bahwa Rendang telah ada sejak Abad ke-16, namun catatan mengenai rendang mulai massif sejak abad ke-19. 

Catatan harian Kolonel Stuers pada tahun 1827 menjelaskan secara tidak langsung tentang makanan yang diyakini sebagai rendang.   

Dalam catatan itu tertulis makanan yang hitam dan dihanguskan. Menurut seorang ahli, catatan ini merujuk pada salah satu metode pengawetan orang Minang.

BACA JUGA:Bikin Terenyuh, Ini Foto Terakhir Freddie Mercury bersama Kucingnya Sebelum Meninggal

BACA JUGA:Gokil! Dului Amerika Serikat Cs, Tiongkok Kirim Monyet ke Luar Angkasa Demi Eksperimen Tak Masuk Diakal

Kategori :