Polisi Tetapkan 8 Tersangka Kerusuhan Suporter Gresik United di Stadion Gelora Joko Samudro

Rabu 22-11-2023,17:46 WIB
Reporter : Lebrina Uneputty
Editor : Lebrina Uneputty

GRESIK, DISWAY.ID-Polres Gresik telah menetapkan 8 suporter Gresik United ditetapkan sebagai tersangka kasus kerusuhan di Stadion Gelora Joko Samudro Gresik Jawa Timur.

Kapolres Gresik AKBP Adhitya Panji Anom dalam press release mengatakan, setelah kejadian tersebut, tim gabungan dari Ditreskrimum Polda Jatim dan Satreskrim Polres Gresik berhasil mengamankan 15 orang diduga pelaku.

Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap 15 orang tersebut dan dilakukan gelar perkara, Polisi menetapkan 8 orang menjadi tersangka.


Dipicu karena tak terima Gresik United kalah dari Deltras FC, suporter bentrok dengan aparat pada Minggu 19 November 2023.Dipicu karena tak terima Gresik United kalah dari Deltras FC, suporter bentrok dengan aparat pada Minggu 19 November 2023. -tangkapan layar video tiktok @shinyo1989-

BACA JUGA:Tak Terima Gresik United Kalah dari Deltras FC, Suporter Bentrok Dengan Aparat

Dari 8 tersangka tersebut, terdapat 4 tersangka yang berstatus anak berhadapan dengan hukum (ABH).

“Hasil gelar perkara ada Delapan orang yang ditetapkan tersangka,” ujar AKBP Adhitya Panji Anom di ruang Rupatama Sarja Arya Racana Polres Gresik, Selasa, 21 November 2023. 

Barang bukti yang diamankan satu buah HP, batu berbagai macam jenis dan ukuran, beberapa potongan kayu, visum Et Repertum.

BACA JUGA:Lirik dan Terjemahan Lagu 'Rajawi Filistin' yang Dinyanyikan Ribuan Suporter Maroko untuk Palestina

Pasal yang dipersangkakan adalah Pasal 170 KUHP, Pasal 160 KUHP dan/atau Pasal 214 KUHP, yang berbunyi Pasal 170 ayat (2) ke 1e KUHP Barang siapa dimuka umum bersama-sama melakukan kekerasan terhadap orang atau barang yang mengakibatkan luka di ancam dengan penjara selama-lamanya 7 tahun.

Diketahui, Pertandingan Liga 2 2023-2024 antara Gresik United dan Deltras Sidoarjo berakhir ricuh di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Jawa Timur, Minggu 19 November 2023, sore.

Pada laga ini, tuan rumah Gresik United mengalami kekalahan setelah Deltras Sidoarjo berhasil melakukan comeback 1-2.

BACA JUGA:3 WNI Relawan RS Indonesia di Gaza Hilang Kontak, Menlu Retno : Kami Terus Ikhtiar Maksimal

Kekalahan tersebut ditengarai menjadi pemicu kerusuhan terjadi.

Pihak Gresik United dan Deltras Sidoarjo sudah mengonfirmasi bahwa kericuhan ini bukan disebabkan oleh gesekan antarsuporter. Namun, antara suporter Gresik United dan pihak keamanan.

Kategori :