JAKARTA, DISWAY.ID - Viral aduan penumpang PO Rosalia Indah yang mengalami kehilangan barang berharga saat menggunakan jasa bus tersebut.
Kemudian penumpang itu pun semakin kesal lantaran pihak customer service (CS) PO Rosalia Indah tidak memberikan respons terkait kerugian yang dialaminya.
Kasus ini pun menjadi viral di Twitter X, sampai Rian Mahendra pun, pemilik PO MTI, sampai ikut mengomentari kasus tersebut.
Menurut Rian Mahendra, kejadian kehilangan barang berharga di dalam bus itu pernah dialaminya pada era tahun 2008-2010-an silam.
Rian Mahendra menilai modus pencurian di dalam bus yang terjadi saat ini masih sama seperti di masa lalu dan tidak ada perubahan sejak era tahun 2000-an.
"Sindikat kaya gini biasanya gak akan berani atau mau bekerja sama dengan crew atau managemen karna akan membahayakan eksistensi mereka," tulis Rian Mahendra di akun Instagram pribadinya (@rianmahendra83) pada Kamis, 21 Desember 2023.
"Mereka terbiasa berpenampilan rapi dan membeli tiket utk melancarkan aksinya.. terkadang kalo sudah dapat korban mereka turun lebih cepat sebelum titik tujuan yg tertera ditiket," tuturnya menambahkan.
BACA JUGA:PO Rosalia Indah Buka Suara Menyusul Kasus iPad Penumpang Hilang di Bus Wonosobo-Jakarta
RIAN MAHENDRA SEBUT PO ROSALIA INDAH BISA TOLAK GANTI RUGI BARANG YANG HILANG
Ilustrasi. Penumpang bus Rosalia Indah mengaku ada kecurigaan sejak di rest area Kendung Roso, ia melihat satu orang yang akrab dengan kru bus-Foto/Dok/Instagram/@zeinufry_2542-
Lebih lanjut, Rian Mahendra sangat menyadari apabila korban emosi dan marah besar dengan kejadian yang tengah menimpanya.
Akan tetapi, kata Rian Mahendra, setiap perusahaan transportasi itu biasanya tidak akan bertanggung jawab atas kehilangan barang pribadi penumpang.
Kecuali, penumpang itu memang secara langsung menitipkan barangnya ke crew atau pihak bus yang bersangkutan agar mencegah adanya kehilangan.
"Perlu kita sadari juga.. bahwasanya kemarahan korban adalah hal yg wajar karna mereka konsumen yg bayar dan berharap dapat perlindungan disamping keamanan dan kenyamanan selama perjalanan," ujar Rian Mahendra.