Mengapa Menelaah Perangkat Ajar Guru? Ini Perbedaan dengan Modul

Minggu 04-02-2024,13:35 WIB
Reporter : Marieska Harya Virdhani
Editor : Marieska Harya Virdhani

JAKARTA, DISWAY.ID - Para guru dalam Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar (PMM) diberikan berbagai perangkat ajar dan modul.

  Lalu apa bedanya?   Dikutip dari laman resmi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, berikut ini perbedaan perangkat ajar dan modul.   Apa saja?   Apa Itu Perangkat Ajar?   Menu Perangkat Ajar pada platform Merdeka Mengajar berisi kumpulan perangkat ajar berbasis Kurikulum Merdeka yang dapat digunakan pendidik untuk mencari referensi atau inspirasi materi pengajaran yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didiknya.   Perangkat ajar bisa berupa bahan ajar, modul ajar/RPP+, modul projek, atau buku teks.   Melalui Perangkat Ajar, guru dapat dengan mudah menemukan inspirasi materi pengajaran sesuai dengan mata pelajaran dan fase di mana Anda mengajar.   BACA JUGA:Cara Mengakses Pengelolaan Kinerja Guru PMM, Ini Manfaatnya untuk Pendidik dan Kepsek   Setiap perangkat ajar juga dilengkapi dengan alur dan capaian pembelajaran yang memudahkan Anda dalam menavigasi proses pembelajaran yang sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka.   Perbedaan dengan Modul Ajar   Pengertian Modul Ajar   Modul ajar adalah dokumen yang berisi tujuan, langkah, dan media pembelajaran, serta asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit/topik berdasarkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).    Modul ajar serupa dengan RPP atau lesson plan yang memuat rencana pembelajaran di kelas.   BACA JUGA:Pentingnya Pengelolaan Kinerja Guru PMM dalam Merdeka Belajar, Mengajar Lebih Efektif   Namun, pada modul ajar terdapat komponen yang lebih lengkap dibanding RPP sehingga disebut RPP Plus.   Manfaat Modul Ajar   1. Memandu pendidik melaksanakan pembelajaran;   2. Mempermudah, memperlancar, dan meningkatkan kualitas pembelajaran;    3. Menjadi rujukan bagi pendidik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran;    4. Menjadi kerangka kerja yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran sesuai capaian pembelajaran.   5. Mendukung pencapaian kompetensi dalam Capaian Pembelajaran dan Profil Pelajar Pancasila pada setiap tahap perkembangan pada suatu mata pelajaran.   Acuan Modul Ajar   Capaian Pembelajaran pada fase yang sesuai, yang dijabarkan dalam Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).   Pengampu, wali kelas dan pendidik mata pelajaran.
Tags : #pmm #perangkat ajar #pengelolaan kinerja guru pmm #modul ajar #guru pmm
Kategori :

Terkait

Terpopuler

Terkini