Pelindo Layani 2.2 Juta Orang Selama Mudik Lebaran 2024

Senin 29-04-2024,15:09 WIB
Reporter : Khomsurijal W
Editor : Khomsurijal W

JAKARTA, DISWAY.ID-- Sebanyak 2.260.360 orang tercatat menggunakan layanan kepelabuhanan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo di 63 terminal penumpang selama periode libur panjang Lebaran, 26 Maret - 26 April 2024.

Jumlah ini melonjak 8.99% dibandingkan tahun sebelumnya pada periode yang sama sebanyak 2,07 juta orang.

Hingga H+15 jumlah kendaraan yang telah menggunakan layanan kepelabuhanan di 63 terminal mencapai 212.527 kendaraan.

BACA JUGA:Keren, Pelindo Fasilitasi 3 UMK Unggulan Ikut Pameran di Luar Negeri

Jumlah pengguna tertinggi terjadi pada H+3 Lebaran,  sebanyak 89.200 orang dan 5.284 kendaraan yang melewati terminal penumpang dan roro yang dikelola Pelindo.

"Walau terdapat lonjakan pergerakan pemudik di 63 terminal penumpang Pelindo, penanganan arus mudik dan arus balik lebaran 2024 di seluruh terminal penumpang telah berlangsung dengan lancar dan aman. Bahkan saat mencapai puncak kepadatan, sistem kami tetap mampu menjaga kelancaran pelayanan dengan baik," jelas Group Head Sekretariat Perusahaan, Ardhy Wahyu Basuki.

Sepanjang arus mudik lebaran 2024, terminal penumpang dengan jumlah pengguna terbanyak yang dilayani yakni terminal  penumpang Tanjung Perak dengan 271.980 penumpang, disusul terminal Tanjung Pinang 237.913 penumpang dan terminal Tanjung Balai Karimun 135.808 penumpang.

Lebih lanjut, Pelabuhan Panjang yang menjadi pelabuhan alernatif untuk mengurai kepadatan jalur penyeberangan Jawa-Sumatera sukses melayani sebanyak 4.166 kendaraan dan 7.863 penumpang.

Imam Rahmiyadi, GM Pelindo Regional 2 Panjang, menyampaikan terima kasih kepada seluruh pekerja yang telah berjibaku mengorbankan waktu tenaga dan fikirannya dalam mensukseskan kegiatan arus mudik dan arus balik Idul Fitri 1445 H tahun 2024.

BACA JUGA:Angkut 1,1 Juta Pemudik, Pelindo Pastikan Pelayanan Arus Balik Mudik Berjalan Normal

“Suksesnya kegiatan angkutan lebaran ini tidak terlepas dari kerja keras kita semua dari berbagai lini bahu membahu dan dukungan serta koordinasi lintas sektoral yang sangat baik dari semua stakeholder sehingga kita mampu melayani para pemudik dengan aman dan nyaman melalui Pelabuhan Panjang" ujar Imam.

Pelayanan yang diberikan oleh Pelindo ini mendapatkan appresiasi dari Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan RI.

"Saya bangga dan menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak dan unsur terkait atas koordinasi dan kerja nyata bersama sehingga mudik kali ini dapat berjalan dengan baik. Terima kasih kepada Kementerian dan Lembaga terkait yang mendukung secara intens sehingga kita semua bisa mengawal dan berkolaborasi dalam menjalankan tanggung jawab ini" ujar Menhub.

Tahun 2024 ini, Pelindo memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pemudik dengan memberikan layanan terbaik seperti menambah ruang tunggu, menyediakan mushalla, ruang laktasi, ruang bermain anak, ruang pelayanan kesehatan serta menambah personil keamanan dan personil kebersihan. 

"Saya memilih mudik bersama keluarga menggunakan jalur laut, karena layanan di terminal penumpang Pelindo sudah bagus. Jadi tidak menimbulkan kekhawatiran sama sekali" ujar Musdianto, Penumpang Tujuan Batam.

Kategori :