Contoh Jawaban dari Soal PMM 2024 'Apa 3 Tantangan Paling Sulit yang Guru Hadapi dalam Melakukan Perubahan?'

Senin 03-06-2024,11:48 WIB
Reporter : Rury Pramesti
Editor : Rury Pramesti

JAKARTA, DISWAY.ID - Mengetahui contoh jawaban dari soal PMM (Platform Merdeka Mengajar) 2024 'Apa 3 tantangan paling sulit yang guru hadapi dalam melakukan perubahan?' bisa menjadi suatu referensi untuk bapak/ibu guru.

Diketahui, di dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM), setiap guru diminta agar mengisi dokumen Tindak Lanjut terkait Pengelolaan Kinerja masing-masing.

Adapun di dalam formulir Refleksi Tindak Lanjut PMM ini disajikan sejumlah pertanyaan yang perlu dijawab oleh tiap guru.

BACA JUGA:7 Contoh Jawaban Soal PMM 2024 'Bagaimana Rencana Anda dalam Mengatasi Tantangan Agar Bisa Memastikan Perubahan?', Referensi untuk Guru!

BACA JUGA:Begini Cara Mengisi Pengelolaan Kinerja PMM 2024 yang Benar, Guru Wajib Tahu!

Salah satu pertanyaan yang mungkin banyak guru tidak mengetahui jawabannya ialah tentang 3 (tiga) tantangan paling sulit yang dihadapi guru dalam melakukan perubahan.

Di dalam konteks yang mengimplementasikan platform PMM, tantangan-tantangan yang dihadapi ini akan sangat bermacam-macam dan kompleks yang melibatkan berbagai aspek.

Berikut ini ada beberapa contoh jawaban dari pertanyaan 'Apa 3 tantangan paling sulit yang guru hadapi dalam melakukan perubahan?', di antaranya:

Jawaban:

1. Kesiapan dan Dukungan Melalui Infrastruktur

  • Kualitas infrastruktur Sekolah: Ada banyak sekolah, terutama yang berada di daerah terpencil. Kemungkinan besar mereka tak memiliki infrastruktur yang memadai dalam mendukung penggunaan PMM (Platform Merdeka Mengajar). Termasuk di masalah jaringan internet, masalah listrik dan fasilitas fisik lainnya.

BACA JUGA:Upaya Tindak Lanjut PMM: Contoh Jawaban untuk Pertanyaan 'Apa Inspirasi Baru yang Anda Dapatkan dari Upaya Tindak Lanjut?'

  • Dukungan Teknologi: Dukungan teknis yang efektif serta cepat sangat penting dalam memastikan bahwa tiap masalah yang muncul ini bisa segera diatasi sehingga tak akan mengganggu proses belajar mengajar.

2. Mengadopsi Pembelajaran Adopsi dan Pemahaman Teknologi

  • Kemampuan Digital: karena tidak semua guru mempunyai keterampilan digital yang cukup untuk mengadopsi dan memanfaatkan platform tersebut dengan baik.
  • Kesenjangan Digital: Ada banyak tenaga pendidik dan guru di Indonesia yang kemungkinan mempunyai keterbatasan akses pada teknologi yang diperlukan untuk menggunakan platform PMM secara efektif.

BACA JUGA:Contoh Jawaban untuk Soal PMM 'Apa Upaya-Upaya yang Dilakukan untuk Mencapai Tujuan Tindak Lanjut?'

3. Manajemen Perubahan dan Penerimaan Stakeholder

Komunikasi dan Edukasi

Tags :
Kategori :

Terkait