Optimalisasi Kesehatan Pencernaan Anak Lewat Ajang World Microbiome Day

Selasa 16-07-2024,16:46 WIB
Reporter : M. Ichsan
Editor : M. Ichsan

“Dengan mikrobiota yang seimbang, sistem pencernaan anak berfungsi secara optimal, sehingga mereka dapat menghindari masalah pencernaan umum yang sering mengganggu kesehatan dan kenyamanan mereka sehari-hari,” ujar Muzal Kadim.

“Salah satu cara efektif untuk mencapai keseimbangan ini adalah dengan memberikan asupan prebiotik yang mencukupi dengan rasio yang tepat. Sebab, prebiotik merupakan zat yang tidak dapat dicerna oleh lambung sehingga dapat menjadi makanan utama untuk bakteri baik di usus Si Kecil,” jelasnya.

Prebiotik berperan dalam mendukung pertumbuhan dan aktivitas mikrobiota usus (bakteri baik), yang kemudian dapat memberikan manfaat kesehatan bagi si Kecil, seperti meningkatkan kesehatan pencernaan, meningkatkan penyerapan nutrisi, dan mendukung sistem kekebalan tubuh.  

Prebiotik banyak terkandung dalam makanan yang kaya serat, seperti buah-buahan, sayur-mayur, kacang-kacangan, serta beberapa jenis sayuran akar seperti umbi-umbian dan wortel. 

BACA JUGA:Jelaskan soal KRIS, BPJS Kesehatan Samakan dengan Transformasi Layanan KAI

BACA JUGA:Cegah Kasus Bunuh Diri, Lingkungan Wajib Dukung Kesehatan Jiwa

Selain dari makanan alami, prebiotik juga bisa diperoleh dari susu pertumbuhan yang terfortifikasi khusus dengan rasio prebiotik yang tepat.

Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK., Medical & Scientific Affairs Director Danone Indonesia mengatakan, “Memahami pentingnya kesehatan pencernaan untuk dukung tumbuh kembang optimal anak, Nutricia Research dengan pengalaman lebih dari 100 tahun di bidang nutrisi pertumbuhan dan perkembangan anak, mengembangkan produk-produk dengan prebiotik teruji klinis, FOS:GOS 1:9. 

“Dengan satu-satunya inovasi prebiotik yang teruji paling banyak di dunia, dengan lebih dari 40 studi ilmiah dan 90 publikasi internasional di lebih dari 10 negara dari Asia sampai Eropa, Nutricia terus mengedepankan inovasi nutrisi terbaik untuk mendukung Kesehatan pencernaan anak Indonesia,” tambahnya.

BACA JUGA:5 Buah Langka yang Ada di Indonesia, Banyak Khasiat untuk Kesehatan Tubuh!

BACA JUGA:IKPP dan Eka Hospital Penyuluhan, Diikuti Puluhan Kader Kesehatan

Dengan dukungan Nutricia Research, Bebelac, sebagai Brand yang selalu menyediakan inovasi nutrisi untuk dukung kesehatan pencernaan anak, berkomitmen untuk terus berpartisipasi dan mendukung berbagai penelitian dari tenaga kesehatan profesional terkait kesehatan saluran pencernaan anak. 

Salah satu bukti nyatanya adalah dukungan dan partisipasi dalam rangkaian kegiatan workshop dan simposium nasional 1st Pediatric Gastrohepatology Update Symposium (PEGASUS) yang bertema “Updates on Pediatric Gastrohepatology Management in Daily Practice” pada 31 Mei-2 Juni 2024 di Surabaya.”

Selain mendukung kegiatan edukasi bagi para tenaga kesehatan profesional, Bebelac juga berkomitmen mendukung para orang tua melalui platform edukasi digital Bebeclub yang mudah diakses kapan saja dan dimana saja. 

Melalui platform ini, Bebelac menghadirkan inovasi teknologi terbaru, Bebejourney dengan AI Poop Tracker, yang merupakan tools digital untuk mendeteksi dan monitor kondisi pencernaan anak secara mudah, cukup melalui foto popok. Tools ini dapat di akses secara gratis melalui bit.ly/bebeclub-BebeJourney.

BACA JUGA:Heru Budi Minta Kerjasama Daerah Sekitar Jakarta untuk Tingkatkan Fasilitas Pendidikan dan Kesehatan

Kategori :