Jadi Wapres, Gibran Rakabuming Resmi Serahkan Surat Pengunduran Diri Wali Kota Solo ke DPRD Surakarta

Selasa 16-07-2024,19:34 WIB
Reporter : Fandi Permana
Editor : Fandi Permana

SOLO, DISWAY.ID - Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengantar surat pengunduran diri sebagai kepala daerah jelang beberapa bulan dilantik jadi Wakil Presiden.

Gibran menyerahkan surat pengunduran diri ke pimpinan DPRD Solo pada Selasa 16 Juli 2024 sore. 

BACA JUGA:Tanggapan Heru Budi saat Ditanya soal Agenda Blusukan Gibran dan Raffi Ahmad di Jakarta

BACA JUGA:Gibran Blusukan ke Pasar Nangka Jakpus, Heru Budi Bilang Begini

Gibran tiba ke kantor DPRD dengan didampingi Teguh Prakosa, Wakil Wali Kota Solo. Pasangan Wali kota dan wakil wali kota itu seperti biasa  datang dengan menaiki mobil plat merah AD 1 A berstiker Piala Dunia U-17.

Kedatangan Gibran dan Teguh disambut Ketua DPRD Solo Budi Prasetyo.

Gibran turut sejumlah Wakil Ketua DPRD Solo, yakni Taufiqurrahman, Sugeng Riyanto, Ahmad Sapari. Pertemuan antara Gibran dengan pimpinam DPRD Solo pun dilakukan secara tertutup.

BACA JUGA:Gibran Ikut Blusukan dengan PJ Gubernur Heru, Pengamat: Ada Negosisasi Politik

“Hari ini kami menghantarkan surat pengunduran diri kepada Ketua DPRD Kota Surakarta (Solo) dan selanjutnya agaar diproses sesuai mekanisme yang ada,” ujar Gibran.

Wapres terpilih itu engungkapkan alasan pengajuan surat pengunduran diri untuk mengikuti regulasi. Ia menyebut jabatannya sebagai Wali Kota Solo harus beralih lantaran akan dilantik sebagai Wakil Presiden RI pada bulan Oktober mendatang.

Oleh karena itu, Gibran mengaku melakukan persiapan yang dilakukan mulai sekarang sehingga dirinya memutuskan untuk mengundurkan diri pada hari ini.

“Ya selain untuk pelantikan yang masih di tanggal 20 Oktober nanti. Tentunya banyak hal yang harus kami persiapkan dari sekarang. Saya mohon doa dari teman-teman media semua, semoga semuanya dilancarkan,” kata dia. 

BACA JUGA:Heru Budi Tinjau Pengerukan Kali Semongol Jakbar, Muncul Gibran Rakabuming Berkemeja Batik, Ada Apa?

Setelah menyerahkan surat pengunduran diri, Gibran mengaku langsung mengemas semua barang miliknya yang masih ada di rumah dinas wali kota Loji Gandrung maupun di ruang kerjanya di Balai Kota Solo. Pasalnya, baik rumah dinas maupun ruang kerjanya selanjutnya akan ditempati oleh Wakil Wali Kota Solo sebagai penggantinya.

“Sebelum ke Jakarta, ya beres-beres Loji Gandrung sama kantor. Nanti kan yang menempati pak wakil wali kota. Intinya surat pengunduran diri sudah saya serahkan, nanti akan ditindaklanjuti oleh Pak Ketua DPRD lalu nanti ke provinsi dan Kemendagri,” tuturnya.

Kategori :