Profil dan Biodata Hermanto Tanoko, Big Bos Air Minum CLEO yang Jadi Orang Terkaya Kedua di Indonesia

Kamis 18-07-2024,10:40 WIB
Reporter : Risto Risanto
Editor : Risto Risanto

Perjalanan Hidup dan Karir Hermanto Tanoko

Semua bermula dari keluarga yang kurang mampu, ayah Hermanto Tanoko yakni Soetikno Tanok, dan ibunya harus menghadapi tantangan berat ketika Indonesia mengalami kasus politik terkait keturunan Tionghoa yang WNA harus dipulangkan ke negara asalnya.

Kondisi ini memaksa keluarga Hermanto untuk berpindah-pindah tempat tinggal, bahkan harus tinggal di emperan dan vihara demi bertahan hidup.

Meskipun dalam situasi sulit, Hermanto Tanoko tidak pernah menyerah. Di usia yang masih sangat muda, ia sudah mulai belajar bisnis dari ayahnya yang membuka toko cat dan ibunya yang menjalankan toko kelontong.

BACA JUGA:10 Daftar Kota Terkaya di Dunia 2024, Nomor 1 dan 2 Banyak Dihuni Miliarder

Hermanto Tanoko menjadi asisten ayahnya di toko cat sejak usia 10 tahun, dan kemudian membantu mengelola apotik yang dibeli ayahnya di dekat rumah mereka.

Kesibukan Hermanto Tanoko tidak hanya terbatas pada dunia bisnis, namun juga harus tetap fokus pada pendidikan.

Setiap hari, Hermanto harus bersekolah sambil bekerja di toko ayahnya. Meskipun demikian, dengan tekad dan kerja kerasnya, Hermanto berhasil membuat apotik yang dikelolanya menjadi ramai dan sukses.

Pada tahun 1978, Hermanto Tanoko bersama ayahnya mendirikan pabrik cat Avian, meskipun pabrik tersebut masih kecil. Hermanto memiliki visi yang jelas untuk menjadikan pabrik tersebut sebagai yang terbesar di Indonesia.

BACA JUGA:15 Negara Muslim Terkaya di Dunia Berdasarkan PDB Per Kapitanya, Indonesia Peringkat Berapa?

Inilah awal dari berdirinya Tancorp Group, sebuah perusahaan yang dipimpin oleh Hermanto dan berkembang pesat dalam berbagai bidang seperti makanan dan minuman dengan produk unggulan seperti air mineral Cleo, Herbal & Healthy, Roller, Mimmilk Crack, dan lain-lain.

Selain sebagai pemimpin Tancorp Group, Hermanto Tanoko juga menjabat sebagai Presiden Komisaris Tanobel Food, perusahaan yang merupakan induk dari PT Sariguna Primatirta. Perusahaan ini memiliki beberapa produk makanan dan minuman yang terkenal di pasaran.

Di bidang properti, Hermanto juga memiliki Tanrise Property atau PT Jaya Sukses Makmur Sentosa Tbk, perusahaan yang bergerak di bidang properti dan telah memberikan kontribusi positif dalam pengembangan industri properti di Indonesia.

Kesuksesan Hermanto Tanoko tidak hanya terlihat dari kiprahnya dalam dunia bisnis, namun juga diakui secara internasional.

BACA JUGA:10 Orang Terkaya di Indonesia Per April 2024, Prajogo Pangestu Teratas Disusul Low Tuck Kwong dan Hartono Bersaudara

Hermanto Tanoko juga berhasil melompat ke posisi orang kedua terkaya di Indonesia, menurut laporan dari majalah Forbes.

Kategori :