Menhub Ingatkan Keamanan dan Keselamatan Pengemudi Transportasi Online dalam Berkendara

Kamis 18-07-2024,11:11 WIB
Reporter : Ayu Novita
Editor : Fandi Permana

JAKARTA, DISWAY.ID - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengingatkan pengemudi transportasi online untuk selalu meningkatkan keamanan dan keselamatan dalam berkendara di jalan raya. 

Hal ini penting untuk menyadarkan betapa pentingnya keselamatan berkendara di jalan raya.

BACA JUGA:Danau Toba Jadi Magnet Wisatawan, Kemenhub Lengkapi Sarpras Pelabuhan dan Transportasi

BACA JUGA:Menhub Jajal Bus BTS Balikpapan City Trans yang Resmi Beroperasi Sejak Awal Juli

“Pengemudi transportasi online wajib memperhatikan, bahkan meningkatkan keamanan dan keselamatan dalam berkendara. Hal ini bermanfaat bukan hanya untuk diri sendiri, namun juga bagi penumpang, pengendara lain, serta keluarga yang menunggu di rumah,” ujar Budi Karya dikutip pada Kamis, 18 Juli 2024. 

Budi Karya menyampaikan kepada para pengemudi agar selalu mematuhi peraturan lalu lintas saat berkendara di jalan raya. 

“Patuhi pula Permenhub Nomor PM 12 Tahun 2019 yang menyatakan bahwa para mitra wajib menggunakan jaket dengan bahan yang memantulkan cahaya, memakai identitas pengemudi, menggunakan celana panjang, sepatu, sarung tangan, serta wajib membawa jas hujan,” ungkapnya. 

Selain itu, dalam rangka menciptakan ekosistem transportasi online yang berkelanjutan di tanah air, Menhub juga menginstruksikan perusahaan aplikasi transportasi online, untuk mematuhi regulasi yang telah ditetapkan oleh Pemerintah. 

BACA JUGA:Kemenhub akan Optimalisasi Transportasi Massal di Kota Medan dan Bandung Melalui Pinjaman dari Bank Dunia Rp1,8 Triliun

Adapun regulasi yang dimaksud mencakup beberapa aspek, antara lain: mengenai tarif, keselamatan, keamanan, kenyamanan, keterjangkauan, serta keteraturan. 

Dalam hal ini, Budi Karya pun mengapresiasi PT Goto (Gojek Tokopedia) yang telah menyelenggarakan Gojek Safety Day 2024 serta menerapkan standar keselamatan berkendara yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan. 

Menurutnya, langkah ini sejalan dengan tujuan pelayanan angkutan, yakni menjaga serta meningkatkan faktor keselamatan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam bertransportasi. 

BACA JUGA:Luncurkan Gojek Plus, Pelanggan Gojek Bisa Hemat Rp12 Ribu Tiap Hari

“Saya berharap komitmen dan langkah inovatif yang dilakukan Gojek ini dapat terus dilanjutkan, sehingga membuat industri ini menjadi lebih baik seiring berjalannya waktu,” pungkas Budi Karya. 

Pada kesempatan ini, Menhub juga sempat mengajak sejumlah pengemudi untuk berdiskusi terkait keamanan dan keselamatan di jalan raya. 

Kategori :