5 Rumah Sakit Bekerja Sama dengan Pemkot Tangerang dalam Pelayanan Rujukan Balita Stunting

Selasa 09-07-2024,17:00 WIB
Reporter : Tri Broto
Editor : Tri Broto

KOTA TANGERANG, DISWAY.ID-- Sebanyak 5 rumah sakit bekerja sama dengan Pemerintah Kota Tangerang dalam Pelayanan Rujukan Balita Stunting. Kerja sama ini sebagai langkah pencegahan stunting di kota berjuluk "Seribu Industri Sejuta Jasa itu.

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Dr Nurdin mengungkapkan, kerja sama itu akan dikemas dalam program Gerakan Serentak untuk Anak Tangerang Sehat dan Cerdas (Gertak Tangkas) di 1.097 posyandu, 104 kelurahan, dan 13 kecamatan di Kota Tangerang.

Lima rumah sakit yang bekerja sama itu adalah Rumah Sakit Sari Asih Ciledug, Rumah Sakit An-Nisa, Rumah Sakit Umum Dr Sitanala, Rumah Sakit Primaya, Rumah Sakit Hermina Periuk.

BACA JUGA:245 Ribu Bayi dan Anak di Kota Tangerang Diimunisasi mulai 23 Juli 2024, Pj Dr Nurdin Ajak Kolaborasi Masyarakat

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan oleh Pj Wali Kota Tangerang, Dr Nurdin bersama Kepala Dinas Kesehatan dr. Dini Anggraini serta perwakilan lima Kepala RS di Hotel D'Prima Kota Tangerang, Selasa, 9 Juli 2024.

Dalam kesempatannya, Pj Wali Kota, menyampaikan, perjanjian kerja sama Pemkot Tangerang dengan lima rumah sakit untuk mengatasi permasalahan stunting di Kota Tangerang sangat baik, sehingga bisa menambah pelayanan rujukan balita stunting.

"Alhamdulillah, kita satu langkah di depan lagi setelah bulan lalu kita melakukan intervensi serentak pencegahan stunting, anak-anak, bayi dan balita yang setelah ditimbang kini dapat dirujuk untuk perawatan di rumah sakit," katanya.

Dengan kerja sama itu pula, jumlah fasilitas kesehatan atau rumah sakit untuk rujukan anak-anak stunting menjadi bertambah yang semula hanya terpusat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang.

BACA JUGA:PJ Wali Kota Dr Nurdin Akan Uji Coba Program Makan Bergizi Gratis di Kota Tangerang 5-9 Agustus 2024

Dr. Nurdin menegaskan, Pemkot Tangerang terus berkomitmen dalam upaya mengatasi serta menuntaskan permasalahan stunting di wilayahnya.

"Dan kami akan mengevaluasi terus sesuai kebutuhan, bukan tidak mungkin rumah sakit yang menjadi rujukan akan kita tambah lagi sehingga anak-anak stunting di Kota Tangerang dapat memperoleh perawatan secara intensif dan gratis di rumah sakit," ujarnya.

Lebih lanjut, mantan Pj Bupati Aceh Jaya tersebut, menyampaikan apresiasi dan ungkapan terima kasih kepada seluruh pihak atas kolaborasi serta kerja samanya dalam upaya penanganan stunting seraya berharap melalui upaya-upaya tersebut, permasalahan stunting di Kota Tangerang dapat segera tertangani.

"Harapan kita semua tentunya agar anak-anak di Kota Tangerang senantiasa sehat dan cerdas dapat kita wujudkan bersama-sama," tukas Dr. Nurdin.

Kategori :