Perum BULOG Pererat Hubungan Baik dengan Media, Tunjukkan Komitmen Transparansi dan Transformasinya

Sabtu 20-07-2024,15:38 WIB
Reporter : Khomsurijal W
Editor : Khomsurijal W

JAKARTA, DISWAY.ID-- Tunjukkan komitmen transparansi dan transformasinya, Perum BULOG terus mempererat hubungan baik dengan media.

Seperti dilakukan melalui acara Editors’ Gathering yang dihadiri oleh 25 pimpinan redaksi dan CEO grup media terkemuka di Indonesia, Senin, 15 Juli 2024.

Bagi Perum BULOG, hubungan baik dengan media perlu ditingkatkan, sehingga visi transparansi dan transformasi tersampaikan ke tengah masyarakat.

BACA JUGA:Perum BULOG Bertransformasi Jadi Pemasok Rantai Pangan Terpercaya, Tingkatkan Reputasi dan Integritas

Diketahui, salah satu visi transformasi yang dicanangkan oleh Perum BULOG pada pertengahan Mei lalu adalah kepercayaan.

Untuk meraih kepercayaan setelah 57 tahun berdirinya yang sempat diwarnai dengan berbagai kejadian di masa lalu yang khas, tentu bisa menimbulkan rasa skeptis pada beberapa pemegang kebijakan. 

Perum BULOG meyakini bahwa media menjadi salah satu pintu untuk meraih kepercayaan masyarakat kembali dan menyampaikan narasi dan visi transformasi tersebut.

"Transparansi adalah salah satu kunci utama untuk meraih kembali kepercayaan masyarakat sesuai dengan salah satu visi tranformasi kami. Termasuk kami ingin mengajak rekan-rekan media yang hadir di sini, untuk dapat secara langsung menghadiri open-bid atau lelang terbuka pada pengadaan beras impor sehingga kami tidak mungkin melakukan penggelembungan harga seperti yang telah dituduhkan," jelas Bayu Krisnamurthi selaku Direktur Utama Perum BULOG.

Sementara terkait lelang terbuka, Bayu menjelaskan, mekanisme lelang terbuka diawali dengan pengumuman terbuka bahwa Perum BULOG akan membeli sejumlah beras.

BACA JUGA:Perum Bulog Jamin dan Pastikan Rantai Pasokan Beras Guna Wujudkan Ketahanan Pangan

Lalu akan ada pendaftaran peminat lelang, yang jumlahnya antara 80 sampai 100 perusahaan eksportir penjual. Tahap selanjutnya adalah sesi penjelasan di mana di sesi ini dijelaskan syarat dan ketentuan mengikuti lelang terbuka, yang merujuk kepada praktek transparan dalam perdagangan internasional.

Syarat tersebut antara lain eksportir harus punya pengalaman pernah mengekspor, harus bersedia diinspeksi jika perlu dan harus bersedia menerbitkan uang jaminan tender (bid bond) serta uang jaminan kinerja (performance bond) di bank terkemuka Indonesia, selain persyaratan administrasi lainnya.

“Beberapa perusahaan, terutama yg baru, biasanya akan mundur karena persyaratan yg ketat tersebut, sehingga yang kemudian benar-benar ikut lelang sekitar 40-50 perusahaan. Lalu kami melakukan lelang secara terbuka, di mana pergerakan penawaran harga dari masing-masing calon pemasok bisa terlihat jelas oleh calon mitra lainnya serta semua peserta lelang. Semua kami lakukan secara transparan sesuai dengan komitmen kami dalam melakukan transformasi. Kepercayaan pada perdagangan internasional sangatlah mahal harganya, karenanya harus selalu kami jaga,” tambah Bayu.

Selain itu, dengan berkumpulnya para C-level dan Pemimpin Redaksi, diharapkan dapat terjalin komunikasi dua arah antara Perum BULOG dan media yang dapat mendukung kinerja satu sama lain.

BACA JUGA:Ombudsman RI Puji Langkah Bulog yang Bakal Akuisisi Perusahaan Beras di Kamboja

Kategori :