Presiden Jokowi Berikan Golden Visa Kepada Shin Tae-Yong

Kamis 25-07-2024,13:03 WIB
Reporter : Anisha Aprilia
Editor : Subroto Dwi Nugroho

JAKARTA, DISWAY.ID -- Presiden Jokowi memberikan golden visa kepada pelatih tim nasional sepak bola Indonesia, Shin Tae-yong.

Jokowi secara langsung kepada pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dalam peluncuran Golden Visa pada Kamis 25 Juli 2024.

Golden visa merupakan layanan yang bisa memberikan izin tinggal bagi warga negara asing (WNA), dalam waktu lima sampai sepuluh tahun dengan syarat berinvestasi di Indonesia dalam jumlah yang ditentukan.

BACA JUGA:Fransiskus Marbun Ungkap Eky Semasa Hidupnya Jarang Punya Uang, Ada Hubungannya dengan Iptu Rudiana?

BACA JUGA:Sahroni Kutuk Keras Vonis Bebas Ronald Tannur, Hakim Sakit dan Memalukan!

"Saya berharap Golden Visa dapat segera disosialisasikan, sehingga dapat terjangkau top investor dan top global talent," kata Jokowi pada Kamis, 25 Juli 2024.

Jokowi mewanti-wanti agar WNA yang mendapatkan golden visa benar-benar diseleksi. 

Ia tak ingin WNA yang berbahaya justru masuk ke Indonesia.

"Tapi benar-benar dilihat kontribusinya, jangan sampai justru meloloskan orang-orang membahayakan keamanan negara, orang-orang yang tidak memberi manfaat secara nasional," ungkapnya.

Sebelumnya pemerintah telah mengesahkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 40 Tahun 2023 terkait skema " golden visa " atau visa emas tentang kebijakan keimigrasian. 

BACA JUGA:Terungkap Alasan Hakim Vonis Bebas Anak Politisi PKB di Kasus Pembunuhan Pacar yang Dituntut 12 Tahun

BACA JUGA:Ikut Campur dalam Kasus Vina Cirebon, Widya Nggak Takut Jika Dipantau dan Disomasi!

PP ini merupakan revisi keempat dari PP Nomor 31 Tahun 2012, yang merupakan implementasi dari UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.  

Pengesahan PP 40 Tahun 2023 ini diteken langsung oleh Presiden Jokowi pada Jumat, 4 Agustus 2023. 

Untuk mendukung pertumbuhan ekonomi pasca pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) serta menarik arus dan menciptakan iklim investasi yang dapat menarik talenta berkemampuan tinggi, perlu menerapkan kebijakan emas Visa yang menargetkan Orang Asing yang memiliki kualitas lebih dengan tetap menerapkan prinsip kebijakan pengamatan, ” bunyi PP tersebut dikutip Selasa, 15 Agustus 2023. 

Kategori :