Kemampuan Baca Huruf Braille Anak Tunanetra Indonesia Menurun, Ratusan Buku Dialihwahanakan

Senin 29-07-2024,14:00 WIB
Reporter : Annisa Amalia Zahro
Editor : Marieska Harya Virdhani

Fauzi menilai, pengujian buku braille dimulai dari hal yang terlihat sederhana, yaitu dari bagian depan, isi, hingga penutup.

BACA JUGA:Kisah Dokter Militer Mayjen Bambang Indrasto Dibukukan Jelang Purna Tugas: Apa yang Kau Benci Boleh Jadi Baik Bagimu

Menurutnya, di samping isi buku juga penting untuk mengetahui judul, penulis, ilustrator, penyunting atau editor, penerbit, serta tahun terbit agar memiliki gambaran utuh buku tersebut.

Dalam menguji buku braille ini, Fauzi mendasarkan pada pemenuhan standar huruf Braille, yaitu ketimbulan huruf (kesesuaian enam titik simbol Braille), kesesuaian tatak dan penulisan informasi pada sampul dan isi buku, pencarian ada-tidaknya salah tik, kesesuaian deskripsi ilustrasi dalam menggambarkan isi cerita, serta kualitas dumi buku.

“Hasil yang diharapkan melalui kegiatan ini adalah penilaian dan masukan terhadap buku Braille yang diujikan sehingga bahan bacaan tersebut sesuai dengan Sistem Simbol Braille (SSB) Indonesia, ramah keterbacaan terhadap kawan netra, serta mampu meningkatkan kemampuan literasi teman-teman netra,” tuturnya.

 

Kategori :