D’Cinnamons Rilis Single 'Bukan Salah Kopi', Ini Latar Belakangnya

Selasa 30-07-2024,22:53 WIB
Reporter : M. Ichsan
Editor : M. Ichsan

“Tapi apa yang terjadi ternyata di balik kesederhanaan ini, kopi bukan sekadar rasa, tempat, dan internet. Tapi menggugah panggilan manusia yang paling dasar, yaitu panggilan untuk bersosialisasi,” ujar Dodo meyakinkan.

BACA JUGA:Vokalis Band Element Lucky Widja Rilis Single Baru, Mencintaimu Merelakanmu, Inspirasi Kehidupan Pribadi

BACA JUGA:Menyala! Jason Ranti Rilis Single Baru Bertajuk 'Hari-Hari Musik' Tepat di Hari Musik Nasional

Di mata Dodo, manusia adalah mahluk sosial, seperti yang dituliskan di buku-buku sekolah dasar. Tapi apa yang terjadi dengan fenomena kedai/cafe kopi yang menjamur saat ini? Orang orang bekerja dengan laptopnya masing-masing. Tanpa bertegur sapa. Hanya mengobrol jika memang kenal.

“Bukan salah kopinya… jadi salah siapa atau apa dong? Di sini kisah menggelitik dimulai,” lanjut Dodo. “Dari sebuah kedai kopi kecil, berkonsep open bar, tapi menjual kopi yang nikmat. Semakin nikmat karena di sana kita duduk sangat berdekatan,” jelasnya.

“Tidak ada jarak. Sehingga apa yang terjadi adalah saling menyapa. Ya, semudah itu menikmati hari ini sebagai hari ini. Dimulai dari saling menyapa, kemudian bercerita, bertanya, berbasa basi, berunek unek, berandai-andai, mengundang gelak tawa seisi kedai kopi tersebut,” ungkap gitaris Ismail Bonaventura (Bona) mengungkap keistimewaan lagunya. 

“Sungguh pengalaman yang luar biasa. Kita bisa menikmati esensi dasar sebagai manusia dan hidup di detik ini. Sungguh membahagiakan! Sungguh menginspirasi,” tambahnya.

BACA JUGA:Resmi Debut! BABYMONSTER Rilis Single Batter Up dengan 6 Member

BACA JUGA:Slank Baru Merilis Single Baru Berjudul 'If U Love Me', Begini Lirik Lengkapnya

“Single ‘Bukan Salah Kopi’ ini merupakan lagu yang spesial, karena benar-benar dikerjakan secara mandiri. Dari hulu ke hilir. Mulai proses pembuatan lagu dari Dodo yang berbincang kecil tentang pertemuan seorang yang tidak dikenal, menjadi akrab karena secangkir kopi. Lalu kebiasaan Nana yang hobi menyeruput kopi sehari hari, jadi inspirasi lagu ini. Juga sangat spesial lantaran kali ini saya mendapat kepercayaan untuk menggarap mixing dan mastering-nya,” paparnya.

Bassis Riana Mayasari (Nana) lalu ikut menimpali, “Kenapa kami sepakat kasih judul ‘Bukan Salah Kopi’? Karena ternyata yang membuat kopi itu terasa hangat bukan dari kopinya, tapi dari interaksi manusianya. 

Mau dimanapun kita menyeruput kopi, semewah atau sesederhana apapun tempat kita ‘ngopi’, tetap akan terasa hangat dan nikmat bila dibubuhkan interaksi. Baik dengan orang-orang terdekat, atau dengan orang yang baru kita kenal sekalipun.”

Dalam peracikan “Bukan Salah Kopi”, Dodo, Bona dan Nana juga menambahkan kejutan lain yang unik dan tidak biasa, dimana untuk memperkuat komposisi serta aransemennya, pada bagian akhir lagu mereka menyematkan petikan gitar renyah dari maestro fingerstyle Jubing Kristianto.

BACA JUGA:Resmi! The Beatles Rilis Single Baru Berjudul 'Now and Then' Pakai Bantuan AI

BACA JUGA:Pernah Dinyanyikan Eksklusif di Coachella, Jennie Blackpink Resmi Rilis Single 'You & Me'

“Mendengar lagu ini ada perasaan nyaman, hangat, dan intim, serasa memeluk kenangan-kenangan lama. Liriknya pun mencerahkan, mengingatkan kita agar jangan lupa berbicara atau sekadar menyapa - kepada keluarga atau teman-teman kita,” terang Jubing Kristianto.

Kategori :