Resmi! The Beatles Rilis Single Baru Berjudul 'Now and Then' Pakai Bantuan AI

Resmi! The Beatles Rilis Single Baru Berjudul 'Now and Then' Pakai Bantuan AI

Wow! The Beatles Resmi Ciptakan Single Baru 'Now and Then', Pakai Bantuan AI-@thebeatles-Instagram

JAKARTA, DISWAY.ID - The Beatles secara resmi telah merilis lagu pertama mereka setelah lebih dari 50 tahun.

Lagu yang dirilis The Beatles yakni berjudul 'Now And Then', sebagian lagu diproduksi menggunakan kecerdasan buatan AI.

Berdasarkan kaset demo yang direkam oleh John Lennon di rumahnya di New York City pada tahun 1978, “Now and Then” akan menjadi lagu terakhir yang menampilkan kontribusi asli dari keempat anggota band.

BACA JUGA:Suara John Lennon Akan Dibantu AI, The Beatles Segera Rilis Lagu Terbaru

The Beatles mendominasi budaya pop sepanjang tahun 60an sebelum berpisah pada tahun 1970 setelah album penuh terakhir mereka, Let It Be.

Setelah pembunuhan John Lennon pada tahun 1980, dua lagu tambahan yang hilang, “Real Love” dan “Free as a Bird” direkam dan dirilis pada tahun 1995 menggunakan demo vokal Lennon yang lama.

Paul McCartney dan Ringo Starr adalah dua anggota yang masih hidup setelah kematian George Harrison akibat kanker paru-paru pada tahun 2001.

Penggemar Beatles telah menantikan perilisan lagu "terakhir" band penting tersebut dengan perpaduan kegembiraan dan kehati-hatian sejak Sir Paul McCartney mengungkapkan berita tersebut pada bulan Juni 2023.

BACA JUGA:Lirik Lagu 'Here Come The Sun' dari The Beatles

Tidak seperti lagu atau sesi rekaman grup lain yang “hilang”, single baru ini menampilkan vokal John Lennon yang “diekstraksi” dan disempurnakan menggunakan program AI.

Melansir dari laman popsci, jaringan saraf yang dirancang untuk mengisolasi suara individu mengidentifikasi suara Lennon, kemudian mulai “mensintesis ulang suara tersebut dengan cara yang realistis sehingga cocok sesuai sampel terlatih dari instrumen atau suara tersebut secara terpisah,” jelas Ars Technica awal tahun ini.

Dengan menggabungkan audio kaset yang terisolasi dengan sampel vokal yang ada, AI seolah-olah melapisi segmen rekaman yang lebih lemah dengan perkiraan suara yang disintesis.

Anggota The Beatles yang masih hidup, McCartney dan Ringo Starr, pertama kali mempelajari perangkat lunak AI selama produksi proyek dokumenter Peter Jackson tahun 2021, The Beatles: Get Back.

BACA JUGA:Simak Niat Sholat Dhuha dan Jumlah Rakaatnya Sesuai Sunnah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: