Jokowi Kukuhkan 76 Anggota Paskibraka untuk Upacara HUT RI di IKN

Jumat 02-08-2024,19:59 WIB
Reporter : Fandi Permana
Editor : Fandi Permana

JAKARTA, DISWAY.ID - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) memastikan pengukuhan pasukan pengibar bendera pusaka atau paskibraka akan dilakukan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Pengukuhan para putra putri terbaik itu akan dilakukan pada 12 Agustus 2024.

BACA JUGA:Kevin Lilliana Optimis Generasi Muda Indonesia Bisa Terbebas dari Judi Online Lewat Peran BPIP

BACA JUGA:Kevin Lilliana Sebut Peran BPIP Gaungkan Nilai Pancasila Sangat Penting untuk Generasi Muda

Selain itu, jumlah personel paskibraka juga akan sama yaitu sebanyak 76 orang.

“Pengukuhan akan dilakukan di Ibu Kota Nusantara. Untuk formasinya seperti seperti tahun sebelumnya, 76 orang putra-puteri pelajar dari 38 provinsi,” tulis keterangan dari BPIP, Jumat 2 Agustus 2024. 

Tak hanya melibatkan tim paskibraka 2024, sejumlah personel paskibraka 2023 juga akan membantu pelaksanaan kirab duplikat bendera pusaka yang akan berlangsung 5 Agustus mendatang di Jakarta. 

“Yang bertugas mengibarkan bendera adalah Paskibraka 2024 yang akan dikukuhkan. Empat orang pembawa baki purna Paskibraka 2023 akan bertugas untuk kirab duplikat bendera pusaka dari Jakarta ke Ibu Kota Nusantara,” pungkasnya.

Sebagai informasi, BPIP telah selesai melaksanakan rekrutmen Paskibraka HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN). Tercatat, sebanyak 76 siswa terpilih dari 38 provinsi di Indonesia.

BACA JUGA:Jadi Tonggak Sejarah Baru, BPIP Terus Siapkan 76 Anggota Paskibraka yang Bertugas di Upacara HUT RI Ke-79 di IKN

Wakil Kepala BPIP Rima Agristina mengatakan, sebanyak 76 siswa tersebut saat ini tengah menjalani pemusatan latihan di Taman Wiladatika, Cibubur.

Para Capaskibraka itu juga dibekali materi kebangsaan oleh Lemhanas 

“Setelah selesai proses rekrutmen dan seleksi pada tingkat pusat, saat ini mereka berada di pemusatan di Taman Wiladatika, Cibubur. Jumlahnya ada 76 dari 38 provinsi, masing-masing satu pasang putra dan putri dan totalnya ada 76 calon paskibraka 2024,” ujarnya dalam konferensi pers virtual pada Jumat 26 Juli 2024. 

Rima menyebut, 76 siswa yang terpilih sudah menjalani pemusatan latihan sejak 12 Juli 2024. Mereka akan mendapatkan pembelajaran aktif mulai dari pembekalan ideologi Pancasila hingga nilai-nilai kebangsaan.

Tidak hanya itu, Rima juga mengatakan saat ini mereka tengah menjalani latihan baris berbaris dan juga formasi.

Kategori :