Ini Dia Makna Kepala Garuda di Istana IKN Menghadap ke Depan

Minggu 04-08-2024,17:06 WIB
Reporter : Anisha Aprilia
Editor : M. Ichsan

JAKARTA, DISWAY.ID-- Deputi Sosial Budaya Pemberdayaan Masyarakat Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Alimudin menjelaskan makna kepala burung Garuda di istana presiden di IKN yang menghadap kearah depan.

Menurutnya, pembangunan Istana Garuda di IKN dengan Lambang Garuda yang menghadap ke depan membuktikan pembangunan Indonesia sentris.

BACA JUGA:KemenpanRB: ASN yang Lajang akan Pindah ke IKN Tahap Awal

BACA JUGA:KSP Pastikan Pembangunan IKN Tak Ganggu Kehidupan Orang Utan

"Kalau dulu zaman Orde Baru kita bilang, 'Oh pantas saja Indonesia barat lebih maju dari Indonesia timur, karena garudanya melihat ke kanan saja'. Sekarang garuda kita menatap ke depan, artinya kita menjadikan IKN Indonesia-sentris, tidak lagi Jawa-sentris," kata Alimudin, Minggu, 4 Agustus 2024.

Alimudin juga menjelaskan Presiden Jokowi memberikan nama Istana tersebut sebagai Istana Garuda.

"Jadi istana tempat Pak Presiden (di IKN) namanya, beliau (Presiden Jokowi) pada saat itu mencetuskan bahwa nama gedung ini adalah Istana Garuda karena lambang burung Garuda," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memberi nama gedung Kantor Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN) Penajam Paser Utara (PPU) sebagai Istana Garuda.

BACA JUGA:Penuhi Undangan Jokowi ke IKN, Projo Pastikan Selama Perjalanan Tak Gunakan Dana APBN

BACA JUGA:7 Daftar Wisata Dekat IKN yang Wajib Dikunjungi, Suguhkan Kekayaan Alam yang Memukau!

Sementara itu, untuk Kompleks Istana Kepresidenan IKN disebut sebagai Istana Negara.

"Beliau (Presiden Jokowi) menyampaikan ini (namanya) Istana Garuda, bukan Kantor Presiden lagi, tapi Istana Garuda yang di bawah Istana Negara (Istana Kepresidenan IKN)," ujar Plt Kepala Otorita IKN, Basuki Hadimuljono di IKN, Kalimantan Timur, Senin 29 Juli 2024.

Basuki yang juga menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebut nama istana bagi fasilitas kegiatan Presiden itu sebagai official yang bisa dikenal masyarakat.

"Official namanya. Kemudian ada Istana Garuda, di sana ada Istana Negara. Saya kira itu yang fokus," sambungnya.

Istana Garuda nantinya akan menjadi tempat Presiden melakukan pekerjaan. Kantor Presiden di Jakarta biasanya digunakan Presiden untuk menggelar rapat bersama para menteri kabinet.

Kategori :