Herwyn Minta Panwascam Miliki Keterampilan Khusus Komunikasi

Senin 05-08-2024,13:54 WIB
Reporter : Khomsurijal W
Editor : Khomsurijal W

ANGGOTA Bawaslu Hewyn JH Malonda menegaskan Pengawas Kecamatan (Panwascam) disamping ketegasan dan keberanian harus disertai keterampilan khusus berkomunikasi dalam mengawasi Pemilihan Serentak 2024 mendatang.


----

“Selain keberanian dan ketegasan, Panwascam harus memiliki keterampilan khusus berkomunikasi untuk mengawasi jalannya demokrasi di Pemilihan Serentak,” ungkap Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda dihadapan dalam pertemuan dengan Panwascam Se-Palangka Raya di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Jumat malam (2/8/2024).

Dalam pertemuan dengan Panwascam Se-Palangka Raya, dia menjelaskan keterampilan khusus berkomunikasi yang dia maksud yaitu keterampilan memberikan informasi secara tepat tentang regulasi ke peserta Pemilihan Serentak 2024.

“Keterampilan khusus Panwascam yaitu bisa mengkomunikasikan regulasi secara langsung ke peserta pemilihan, misalnya memberitahukan informasi ketentuan yang dilarang dan sanksinya dalam pemilihan di forum organisasi kemasyarakatan, tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Media, serta forum pemangku kepentingan lainnya seperti Partai Politik, Tim Kampanye, Tim Sukses, dan unsur lembaga pemerintahan,” ungkap pria asal Sulawesi Utara itu.

BACA JUGA:Perangi Hoaks dan Ujaran Kebencian, Bawaslu Harap Social Media 4 Peace Menyasar Hingga ke Provinsi

Selain keterampilan khusus secara langsung, Herwyn juga menjelaskan keterampilan secara tidak langsung.

“Kalau yang tadi secara langsung, ini keterampilan yang tidak langsung yaitu bisa menyebarkan informasi dari kinerja yang kita lakukan atau yang akan kita lakukan melalui media sosial,” ungkap pria mantan Ketua Bawaslu Sulut itu. 

Pada akhir paparannya, dia berharap Panwascam dapat kerja dengan cerdas. 

“Saya berharap Panwascam dapat kerja dengan cerdas sesuai regulasi yang berlaku, menerapkannya secara tepat dan benar sesuai fakta peristiwa yang sesuai serta melakukan pengawasan secara santun sehingga pengawas pemilu dihargai dan disegani pihak lain dalam melaksanakan tugas pengawasannya,” ungkap Herwyn. (*)

Kategori :