Mobil Disebut Lebih Banyak Nikmati BBM Subsidi Dibanding Motor, Berikut Ranmor Tak Boleh Isi Pertalite

Rabu 07-08-2024,13:25 WIB
Reporter : Sabrina Hutajulu
Editor : Khomsurijal W

JAKARTA, DISWAY.ID-- Kendaraan bermotor (ranmor) roda empat disebut mengonsumsi BBM subsidi lebih banyak dibanding kendaraan roda dua.

Hal ini diungkap oleh Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Rachmat Kaimuddin.

Ia menyebut saat ini ranmor roda empat dapat menikmati BBM subsidi 4,3-11 kali lipat dibanding pengendara motor atau roda dua.

BACA JUGA:Beli BBM Subsidi, Cek Aplikasi XStar untuk Terbitkan Surat Rekomendasi

"Apalagi jika mobil tersebut bermesin diesel, dan menggunakan Biosolar bersubsidi dengan anggaran yang lebih besar," katanya dikutip Rabu 7 Agustus 2024.

Lebih lanjut, Rachmat mengungkapkan setidaknya ada sekitar 800 ribu unit kendaraan roda empat yang tergolong mewah menikmati BBM subsidi.

"Apakah pantas yang mewah-mewah mendapatkan subsidi? Kita nggak ada rencana menaikkan harga BBM subsidi. Kita hanya ingin tepat sasaran," tegasnya.

"Dan golongan yang memang membutuhkan akan kita jaga. Ojol, nelayan, taksi online, kendaraan umum, itu kita jaga," tandasnya.

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif juga menyatakan bahwa pemerintah saat ini masih terus memproses revisi Peraturan Presiden No. 191 Tahun 2014 mengenai pembatasan distribusi BBM bersubsidi jenis Pertalite.

BACA JUGA:Pertamina Kembali Tahan Harga BBM Agustus 2024, Pertamax Rp12.950 per Liter

Jika nantinya aturan diberlakukan, maka mobil jenis ini bakal dilarang membeli BBM Pertalite.

Berikut daftar Ranmor tidak boleh isi Pertalite:

Honda City Hatchback RS

Mazda 2 sedan

Mazda 3 sedan

Kategori :