Saat Erick Thohir Ungkit Sidang CAS Atas Pemain Keturunan Maarten Paes

Kamis 08-08-2024,09:54 WIB
Reporter : Risto Risanto
Editor : Risto Risanto

JAKARTA, DISWAY.ID - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir merespons soal kabar dari proses naturalisasi pemain keturunan Indonesia, Maarten Paes.

Erick Thohir mengatakan sampai dengan saat ini pihak PSSI masih belum menerima informasi terbaru terkait jadwal pengumuman hasil sidang Arbitrase Olahraga Internasional (CAS) dalam kasus Maarten Paes.

PSSI masih terus menunggu arahan dari FIFA dan CAS sebelum dapat mengetahui perkembangan lebih lanjut.

Sebelumnya, Sekjen PSSI, Yunus Nusi, telah menyatakan bahwa hasil sidang CAS dijadwalkan akan diumumkan 10 hari lagi atau pada tanggal 18 Agustus 2024 mendatang.

BACA JUGA:Ketua Umum PSSI Berharap Kualitas BRI Liga 1 2024/2025 Level Asia

Dalam merespons pernyataan Yunus Nusi, Erick Thohir mengaku masih belum mendapat informasi yang cukup konkret sehingga tak akan memberikan jawaban pasti.

"Saya tidak mengetahui hal tersebut. Pak Yunus mungkin lebih memahami situasi ini daripada saya. Saya tidak dapat memberikan jawaban yang konkret," kata Erick Thohir di Jakarta pada hari Selasa, 6 Agustus 2024.

"Yang pasti, kami akan menunggu arahan dari FIFA dan CAS. Mengenai tanggalnya, saya tidak tahu. Mungkin bisa ditanyakan langsung kepada Pak Yunus," tuturnya menambahkan.

Sementara itu, Yunus Nusi menjelaskan bahwa sidang di CAS akan dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus, dan hasil dari sidang tersebut diharapkan dapat diumumkan tiga hari setelahnya.

"Sidang dijadwalkan pada tanggal 15 Agustus, dan pengumumannya akan dilakukan pada tanggal 18. Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk memenangkan kasus ini," kata Yunus Nusi di Jakarta pada hari Rabu, 31 Juli lalu.

BACA JUGA:Cerita Pahit Indra Sjafri Pernah Tak Digaji PSSI 17 Bulan Berturut-turut, Juara di Sidoarjo Jadi Penyelamat

Meskipun Maarten Paes sudah secara resmi menjadi WNI sejak bulan April, namun hingga saat ini kiper FC Dallas itu masih belum mendapat izin untuk bermain dalam Timnas Indonesia.

Sebagaimana diketahui PSSI telah membawa permasalahan Maarten Paes ini ke CAS sebagai lembaga arbitrase olahraga.

Hal ini terkait dengan fakta bahwa Maarten Paes pernah membela Timnas U-21 Belanda pada November 2020 dalam kualifikasi Euro U-21, ketika usianya sudah 22 tahun.

Salah satu pertandingan yang dimaksud adalah saat tim Belanda menang 5-0 atas Belarus.

Kategori :