Target Peserta IEE Series 2024, Industri Keberlanjutan Melalui Kerjasama Lintas Generasi

Kamis 08-08-2024,18:32 WIB
Reporter : Reza Permana
Editor : Reza Permana

PERPAMSI (Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia) akan mendukung pameran Water Indonesia yang ketiga, dengan fokus pada teknologi pengelolaan air, manajemen siklus air, water treatment, dan bidang terkait lainnya. 

Pameran Electric & Power Indonesia (EPI) yang ke-22 akan kembali bekerjasama dengan PJCI (Prakarsa Jaringan Cerdas Indonesia), dan akan berfokus pada industri kelistrikan, komponen listrik, pembangkit tenaga listrik, pengembangan energi, serta melibatkan bidang baru yaitu energi terbarukan melalui sistem tenaga surya dan penyimpanan daya listrik seperti baterai energi terbarukan dan kendaraan listrik (EV).

Dari sudut pandang exhibitor loyal, pameran Electric & Power Indonesia menunjukkan bahwa industri ketenagalistrikan dan energi mengalami kemajuan yang signifikan setiap tahunnya. 

BACA JUGA:Tiket Ridwan Kamil di Pilgub Jawa Barat Sudah Invalid, di Jakarta Tunggu Pengumuman Resmi

BACA JUGA:BRI Peduli 'Jaga Sungai Jaga Kehidupan', Edukasi Masyarakat Menjaga Kebersihan dan Hijaukan Lingkungan

“Kami telah berpartisipasi sejak 2009, dan kami selalu rutin bergabung karena pameran Electric & Power Indonesia selalu bisa membangkitkan antusiasme dan keinginan masyarakat untuk maju, terutama ketika kami melihat dari banyaknya pemain industri maupun pemangku kebijakan seperti pemerintah atau pejabat tinggi negara yang menghadirinya,” ujar Maria Immaculata, Marketing Communication dari PT KMI Wire and Cable Tbk.

Selain itu, beberapa exhibitor lain juga menyatakan bahwa mereka secara rutin berpartisipasi karena pameran ini mencerminkan kemajuan pembangunan Indonesia. 

“Sejak pertama kali bergabung di 2019, kami dapat lebih dekat dengan segmen mitra dan juga bakal pelanggan kami. Kami selalu mendapat masukan, dan mampu membicarakan potensi kerjasama untuk pembangunan ketenagalistrikan dan telekomunikasi di masa depan,” ucap Ennie Krisnanto, Commercial Division Head dari PT Voksel Electric.

Dengan melibatkan Gen-Z dalam pameran industri terbesar ini, exhibitor seperti Voksel Electric merasa antusias dan optimis bahwa pembangunan ketenagalistrikan Indonesia akan maju pesat dan komprehensif di masa depan.

BACA JUGA:BRI Peduli 'Jaga Sungai Jaga Kehidupan', Edukasi Masyarakat Menjaga Kebersihan dan Hijaukan Lingkungan

BACA JUGA:Kandidat Capim dari Banyak Berlatar Belakang Penegak Hukum, ICW Pertanyakan Independensi Pansel

Pekan kedua dari IEE Series 2024, yaitu Engineering Week pada 11-14 September 2024, juga akan menampilkan beberapa pameran ternama dan tertua seperti Construction Indonesia edisi ke-24 dan Concrete Show Indonesia, yang memamerkan berbagai perkembangan di bidang konstruksi. 

Selain itu, akan ada Mining Indonesia edisi ke-22 yang berfokus pada manajemen dan teknologi pertambangan, Oil & Gas Indonesia edisi ke-15 di sektor teknologi migas, serta special co-located show GIFA-METEC Indonesia untuk teknologi metalurgi dan pengecoran logam, dan ADEXCO 2024 di bidang teknologi dan manajemen kebencanaan. 

Beberapa pameran ini akan melibatkan langsung pihak pemerintah, seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Construction Indonesia dan Concrete Show Southeast Asia Indonesia, serta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebagai co-host ADEXCO.

Melihat perkembangan masyarakat yang kini mulai didominasi oleh Gen-Z, IEE Series 2024 berharap dapat menjadi pusat pembelajaran dan meningkatkan minat berbagai pihak, terutama generasi muda, untuk berkontribusi dan berkarir di sektor industri sebagai young engineer. 

“Pameran ini menjadi sarana bagi kami untuk membuka peluang untuk lebih dikenal secara luas melalui showcase produk dan berbagai inovasi yang sedang kami kembangkan. Kami bisa bertemu langsung dengan berbagai profesional yang ahli dan kompeten di bidangnya, maupun berbagai pihak yang memiliki minat terhadap inovasi teknologi di industri ini. Kami berharap pameran ini dapat terus menarik minat masyarakat, tidak hanya dari para pelaku Industri, namun juga tap-in kepada sektor sektor lain yang berpotensi memunculkan kolaborasi,” ucap Fachrudin selaku Marketing Communication Manager PT Gaya Makmur Tractors, mewakili perusahaannya yang telah berpartisipasi secara loyal sejak tahun 2007 pada pameran Mining Indonesia.

Kategori :