Jaga Kelestarian Alam, Baznas RI dan HII Kerja Sama Program Sedekah Hutan

Jumat 09-08-2024,23:05 WIB
Reporter : Fandi Permana
Editor : Fandi Permana

JAKARTA, DISWAY.ID - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI bekerja sama dengan Hutan Itu Indonesia (HII) bekerja sama dalam program Sedekah Hutan, sebagai upaya bersama untuk menjaga kelestarian alam, dan lingkungan. 

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) yang diselenggarakan di Gedung Baznas RI, Jumat 9 Agustus 2024.

BACA JUGA:Baznas RI Distribusikan Sajian Berkah Bergizi bagi Mustahik di Jakarta Utara

BACA JUGA:10.000 Dam Jemaah Haji Disalurkan BAZNAS RI bagi Sekolah Indonesia di Makkah

Turut hadir Pimpinan Baznas RI Bidang Koordinasi Zakat Nasional KH. Achmad Sudrajat, LC. M.A. CFRM., Direktur HII Eulis Utami, beserta jajaran.

KH. Achmad Sudrajat, LC. M.A. CFRM. menjelaskan, program Sedekah Hutan merupakan inisiatif Baznas RI dan HII untuk menjaga dan melestarikan lingkungan dari kerusakan.

“Melalui program ini kami mengajak publik untuk bersedekah melalui program Sedekah Hutan. Di mana program tersebut akan digunakan untuk konservasi dan restorasi hutan, serta program pemberdayaan masyarakat yang berada di sekitar hutan,” ujar Achmad.

Menurut Achmad, lokasi program Sedekah Hutan tersebut berada di kawasan kehutanan sosial atau hutan adat yang dikelola oleh masyarakat, bekerja sama dengan mitra lokal di beberapa titik di wilayah Indonesia yang sudah disepakati Baznas dan HII.

"Kami berharap program ini dapat menciptakan kesadaran masyarakat Indonesia dalam menjaga kelestarian hutan, serta memudahkan masyarakat Indonesia berkontribusi dalam konservasi dan restorasi hutan dengan bersedekah," ucapnya. 

BACA JUGA:Baznas Kirim Bantuan 100 Kursi Roda Untuk Jemaah Haji Indonesia di Jeddah

Sementara itu, Eulis Utami mengucapkan terima kasih kepada Baznas RI atas kerja sama program Sedekah Hutan.  Melalui Sedekah Hutan, kata Eulis, masyarakat dapat mendukung program restorasi dan konservasi hutan yang dilakukan oleh berbagai lembaga dan organisasi sadar lingkungan.

Menurutnya, setiap tanaman yang ditanam merupakan investasi masa depan.

“Hutan kita saat ini menghadapi berbagai tantangan, mulai dari deforestasi, pembalakan liar, dan kebakaran hutan yang dahsyat. Oleh karena itu, Baznas RI bekerja sama dengan Hutan Itu Indonesia, melalui kampanye amal hutan ini, kami mengajak semuanya untuk berkontribusi terhadap pelestarian hutan kita, karena dengan menjaga hutan kita menjamin masa depan kita,” pungkas Eulis.

Kategori :