Prospek Cuaca BMKG untuk 7 Hari ke Depan: 33 Wilayah Ini Potensi Hujan Lebat Disertai Angin dan Petir

Senin 12-08-2024,06:58 WIB
Reporter : Risto Risanto
Editor : Risto Risanto

JAKARTA, DISWAY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis proyeksi cuaca untuk 7 hari ke depan mulai dari tanggal 9 hingga 15 Agustus 2024.

Menurut BMKG, saat ini ada beberapa wilayah yang tengah dilanda musim kemarau dengan cuaca yang berkisar antara cerah hingga berawan.

"Kondisi ini merupakan hal yang biasa terjadi pada bulan Agustus karena wilayah selatan memang sedang dalam periode musim kemarau," sebagaimana diungkapkan oleh BMKG melalui akun Instagram @infobmkg pada Sabtu 9 Agustus 2024.

Meski demikian BMKG mengingatkan bahwa masih ada potensi hujan dalam beberapa hari ke depan di beberapa wilayah Indonesia, terutama di bagian utara dan tengah.

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca Hari Ini di Seluruh Wilayah DKI Jakarta Pada Senin, 12 Agustus 2024

Beberapa wilayah yang berpotensi mengalami hujan antara lain Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Jakarta, Jawa.

Selain itu jug ada sebagian besar wilayah di Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua yang berpotensi dilanda hujan.

BMKG menjelaskan bahwa potensi hujan ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti adanya gangguan fenomena Madden Jullian Oscillation (MJO) spasial dan gelombang Rossby Ekuatorial yang dapat meningkatkan peluang terjadinya hujan.

Dan ada juga daerah pertemuan angin dan perlambatan angin yang mendukung pembentukan awan konvektif, serta kestabilan udara yang menciptakan kondisi atmosfer yang tidak stabil.

BACA JUGA:Bukan Agus Gumiwang, Kahar Muzakir Dianggap Lebih Sesuai AD/ART Jadi Plt Ketua Umum Golkar

"Semua faktor ini turut berperan dalam terjadinya hujan, terutama di wilayah Indonesia bagian utara dan tengah," tambah BMKG.

Dalam peringatan dini cuaca BMKG untuk 7 hari ke depan, diketahui bahwa kombinasi fenomena cuaca tersebut dapat menimbulkan potensi cuaca signifikan antara tanggal 9 hingga 15 Agustus 2024.

Beberapa potensi cuaca yang dapat terjadi meliputi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di sejumlah wilayah di Indonesia.

Selain hujan, terdapat juga potensi angin kencang di beberapa wilayah seperti Riau, Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Selatan, Maluku, dan Papua Selatan.

BACA JUGA:Cek 25 Titik Ganjil Genap Jakarta Hari Ini 12 Agustus 2024, Tersebar di Jakpus hingga Jaksel

Kategori :