BPIP Gandeng Pemkab Klaten dan Universitas Diponegoro Kuatkan Ideologi Pancasila

Senin 12-08-2024,10:09 WIB
Reporter : Subroto Dwi Nugroho
Editor : Subroto Dwi Nugroho

Adhianti menambahkan, peran seorang mahasiswa adalah memperkuat penanaman nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, memperkuat jati diri sebagai anak bangsa yang cerdas dan membekali diri dengan pendidikan berlandaskan kepada Pancasila, mewariskan nilai Pancasila untuk generasi yang akan datang.

serta, lanjut Adhianti, Internalisasi nilai - nilai karakter Pancasila dapat diintegrasikan ke dalam salah satu kegiatan Perguruan Tinggi sesuai dengan fungsi Tridarma Perguruan Tinggi yang diembannya, yaitu melalui Program Kuliah Kerja Nyata (KKN).”

Selain menggelar Karya KKN Undip, Pemerintah Kabupaten Klaten juga meresmikan peluncuran Program Laraskumda (Penyelarasan Produk Hukum Daerah), yang disusun dengan pendampingan BPIP agar selaras dengan nilai-nilai Pancasila.

BACA JUGA:Meutya Hafid Pastikan Airlangga Masih Jabat Ketum Golkar Secara De Facto: Sampai Pleno Digelar!

BACA JUGA:Pertamina Patra Niaga dan ESDM Pantau Uji Coba Pelaksanaan Subsidi Tepat JBKP di Gorontalo, Hasilnya Berjalan Baik

“Diharapkan kedepan BPIP bersama Pemerintah Kabupaten Klaten dan Universitas Diponegoro dapat terus bersinergi dalam mengaktualisasikan nilai - nilai Pancasila sesuai tugas dan fungsi masing-masing pihak," ucap Jajang Prihono, S.STP. selaku Sekda Klaten. 

Dengan peluncuran Laraskumda, diharapkan semua produk hukum daerah di wilayah Klaten dapat mencerminkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 

Laraskumda ini diharapkan menjadi barometer produk hukum berlandaskan Pancasila, tidak hanya di Jawa Tengah, tetapi juga di seluruh Indonesia.

“Kami juga sangat mengapresiasi peran BPIP yang terus berkomitmen dalam menciptakan dan menjaga nilai-nilai luhur bangsa. Dengan kehadiran dan kerjasama BPIP di daerah-daerah, kami optimis bahwa nilai-nilai tersebut dapat terus dilestarikan dan diperkuat bersama. Semoga sinergi ini terus berlanjut di masa depan," tambah Prof. Dr. Suharnomo, S.E., M.Si. selaku Rektor Universitas Diponegoro Semarang. 

Kategori :