Pemprov DKI Siapkan Fasilitas Darurat Bagi Warga Terdampak Kebakaran di Manggarai

Selasa 13-08-2024,18:09 WIB
Reporter : M. Ichsan
Editor : M. Ichsan

JAKARTA, DISWAY.ID-- Sebagai langkah gerak cepat tanggulangi dampak kebakaran di RW 06 dan RW 12, Kelurahan Manggarai, Jakarta Selatan, Pemprov DKI Jakarta segera menyiapkan sejumlah fasilitas darurat. 

Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Jakarta Selatan mengerahkan tiga unit mobil toilet portabel, satu mobil air bersih, bersama sepuluh petugas untuk menunjang kebutuhan warga terdampak di lokasi pengungsian.

BACA JUGA:Heru Budi Pastikan Evakuasi Korban Kebakaran di Manggarai Berjalan Lancar

BACA JUGA:3.000 Warga Terdampak Kebakaran di Manggarai, Wakil Walikota Jakarta Selatan: Kami Siapkan 5 Posko Pengungsian

"Mungkin sampai nanti sore atau malam akses listrik di sekitar sini masih terputus. Untuk itu, kita standby semua di sini 24 jam memberikan layanan toilet dan air bersih. Nantinya jika ada permintaan tambahan, kita akan sediakan lagi," ujar Kepala Sudin LH Jakarta Selatan Mohamad Amin, pada Selasa 13 Agustus 2024.

Dengan fasilitas tersebut, ia berharap dapat membantu meringankan beban warga terdampak kebakaran, terutama untuk buang air besar atau kecil. 

"Semoga fasilitas yang kami berikan ini dapat dipergunakan dengan baik dan bermanfaat bagi warga," jelasnya. 

BACA JUGA:5 Cara Mencegah Ponsel Meledak saat Dicas yang Diduga Jadi Penyebab Kebakaran di Manggarai

BACA JUGA:Kebakaran di Sekitar Depo Overhaul KAI Commuter di Manggarai, Operasional Dipastikan Aman

Sementara itu, Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Jakarta Selatan membuka tiga posko layanan medis yang dekat dengan lokasi pengungsian. Posko tersebut akan beroperasi 24 jam dengan mekanisme pembagian tugas menjadi tiga sift per hari.

"Kita buat posko di area Stasiun Manggarai, gudang atau bengkel Kereta Api Indonesia (KAI), dan di dekat SDN 05 Manggarai. Ada dua tenaga kesehatan yang ditugaskan di masing-masing posko," terang Kepala Sudinkes Jakarta Selatan Yudi Dimyati.

Yudi menambahkan, layanan yang diberikan meliputi pemeriksaan kesehatan, pemberian obat, hingga trauma healing, khususnya bagi anak-anak. 

BACA JUGA:Kebakaran Hebat Melanda Kawasan Padat Penduduk di Manggarai, Puluhan Damkar Dikerahkan

BACA JUGA:Charger HP Diduga Sebabkan Kebakaran Rumah di Manggarai, Kepala Suku Dinas Gulkarmat Bilang Begini

Menurutnya, layanan kesehatan di posko akan terus diberikan menyesuaikan kebutuhan dan kondisi di lapangan. Apabila beberapa hari ke depan sudah berkurang, maka layanan akan bersifat mobile.

Kategori :