Sengkarut Mundurnya Ketum Golkar Dibahas dalam Pleno Malam Ini, Penunjukan Plt Bakal Diumumkan

Selasa 13-08-2024,19:19 WIB
Reporter : Fajar Ilman
Editor : Fandi Permana

JAKARTA, DISWAY.ID -  DPP Partai Golkar akan mengadakan rapat pleno, menyusul keputusan Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto, untuk mundur dari jabatannya yang diumumkan pada Sabtu, 10 Agustus 2024.

Ketua DPP Partai Golkar, Dave Laksono, mengaku keputusan ini cukup mengejutkan karena terkesan mendadak.

BACA JUGA:Bapilu Golkar Dorong Bahlil Lahadalia Jadi Ketua Umum Gantikan Airlangga Hartarto

BACA JUGA:Cerita Elite Golkar Detik-Detik Airlangga Mundur, Sempat Kumpulkan Keluarga Besar

"Ini kita rapat untuk menyikapi surat tersebut, menerima surat tersebut pengunduran diri beliau, dan juga menunjuk Plt," katanya kepada wartawan, Selasa, 13 Agustus 2024.

Dia mengatakan, Penunjukan Pelaksana Tugas (Plt) akan diumumkan malam ini, dengan tugas utama Plt adalah menyelenggarakan Musyawarah Nasional (Munas).

Nama calon Plt, termasuk kemungkinan inisial A, belum bisa dikonfirmasi, tetapi keputusan final akan dibuat melalui rapat pleno.

"Akan tetapi siapapun itu nanti akan diputuskan melalui rapat pleno, karena ini harus ada kesepakatan bersama," ucapnya.

BACA JUGA:PAN Sebut Keputusan Airlangga Mundur dari Golkar Tidak Berpengaruh di KIM

Laksono menekankan pentingnya menyelesaikan Munas sebelum pendaftaran Pilkada dimulai pada 27 Agustus.

"Akan tetapi kalau pandangan saya pribadi harus sesegera mungkin, karena mengingat pendaftaran Pilkada akan dimulai pada tanggal 27 Agustus. Jadi sebelum itu harus udah selesai," tegasnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPP Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia, menegaskan bahwa hingga saat ini belum ada nama yang ditetapkan untuk menggantikan posisi sementara Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Partai Golkar yang telah mengundurkan diri.

"Oh belum, nanti akan kita tentukan. Ada mekanisme organisasi setelah ketum mengundurkan diri nanti kan akan ada rapat pleno untuk menunjuk PLT-nya siapa," katanya kepada wartawan, Minggu, 11 Agustus 2024.

Ketika ditanya apakah Bahlil Lahadalia atau Agus Gumiwang Kartasasmita akan menjadi Pelaksana Tugas (PLT).

"Nanti kita bicarakan di rapat pleno," ucapnya.

Kategori :