APBN dari Uang Rakyat, Puan Minta Pemerintah Banyak Alokasikan untuk Rakyat

Jumat 16-08-2024,19:20 WIB
Reporter : Anisha Aprilia
Editor : Khomsurijal W

JAKARTA, DISWAY.ID-- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani mengatakan, dana APBN berasal dari uang rakyat.

Oleh karena itu, ia meminta agar pemerintah mengalokasikan anggaran juga harus untuk kepentingan rakyat.

"Dana APBN berasal dari uang rakyat, oleh karena itu Belanja Negara, harus lebih banyak dialokasikan dan efektif dalam memudahkan rakyat," ucap Puan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Jumat, 16 Agustus 2024.

BACA JUGA:Puan Maharani Singgung Soal Pemilu 2024: Harus Menjadi Kritik dan Auto Kritik Bagi Kita Semua!

Lebih lanjut, Puan menegaskan pengalokasian anggaran haruslah mencerminkan bagaimana pemerintah melayani rakyat dalam berbagai hal.

"Mendapatkan pelayanan kesehatan, pendidikan, memperoleh pemberdayaan ekonomi, membangun sarana dan prasarana dalam mendukung kegiatan ekonomi rakyat, dan lain sebagainya yang pada pokoknya adalah penerima manfaat belanja negara adalah rakyat," lanjutnya.

Politikus PDIP ini menyebut pemerintah harus dapat memiliki indikator yang terukur, dari seluruh alokasi anggaran program di setiap kementerian dan lembaga. 

"Yang menunjukan belanja negara memenuhi kriteria belanja yang berkualitas atau spending better, dan bukan hanya sekadar lebih baik belanja atau better to spending," sambungnya.

BACA JUGA:Fix! Program Makan Bergizi Gratis Masuk RAPBN 2025, Segini Anggarannya

"Pemerintah harus menyelesaikan berbagai persoalan struktural, agar target pertumbuhan ekonomi yang lebih besar, agar Indonesia bisa keluar dari middle income trap," tutur Puan.

Kategori :