HUT RI ke-79, Kemenhub: Ketersediaan Transportasi Kian Meningkat di Daerah 3TP

Sabtu 17-08-2024,13:33 WIB
Reporter : Ayu Novita
Editor : Subroto Dwi Nugroho

JAKARTA, DISWAY.ID -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) konsisten dalam meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas di seluruh wilayah Indonesia melalui berbagai proyek infrastruktur transportasi. 

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen), Kemenhub Novie Riyanto saat menyampaikan sambutan Menteri Perhubungan pada upacara peringatan HUT RI ke-79, di Kantor Pusat Kementerian Perhubungan Jakarta. 

“Secara konsisten Kementerian Perhubungan  telah melaksanakan arahan Presiden agar pengembangan dan Pembangunan infrastruktur transportasi dapat menghubungkan antar Kawasan dan antarwilayah," kata Sesjen Novie pada Sabtu, 17 Agustus 2024. 

BACA JUGA:176.984 Narapidana Terima Remisi Kemerdekaan, Negara Hemat Rp274 Miliar!

BACA JUGA:Dirgahayu RI ke-79, Berikut Sederet Kontribusi BRI Untuk Negeri

Adapun beragam upaya dalam meningkatkan konektivitas antarwilayah, membuka akses masyarakat, dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. 

Mulai dari angkutan keperintisan yang memberikan layanan diberbagai daerah terdepan, terdalam dan perbatasan Indonesia hingga angkutan umum perkotaan yang modern dan terintegrasi. 

Kemenhub sejak 2015 hingga 2024 telah berhasil menyelesaikan 45 proyek strategis nasional. 

Salah satu program unggulan yang telah berhasil adalah subsidi angkutan tol laut. Program ini telah berhasil menekan disparitas harga barang di daerah 3TP. 

Sampai saat ini, telah ada 39 rute tol laut, 41 rute Pelabuhan yang saling terhubung  serta lebih dari 40 rute jembatan udara di seluruh Indonesia. 

BACA JUGA:Jokowi Pakai Baju Adat Kutai Kaltim saat Upacara 17 Agustus 2024 di IKN, Ini Maknanya

BACA JUGA:BSSN RI Bersama OIKN Bersinergi Amankan Upacara HUT RI di IKN dari Serangan Siber

Selain itu, di wilayah perkotaan Kementerian Perhubungan mengembangkan transportasi pulik yang modern, terintegrasi dan menerapkan prinsip berkelanjutan diantaranya Lintas Raya Terpadu (LRT) yang merupakan Kereta tanpa masinis. 

Kemudian, ada Kereta Cepat Jakarta-Bandung “Whoosh” yang merupakan teknologi kereta cepat pertama di Asia Tenggara, serta Moda Raya Terpadu (MRT) yang telah memberikan alternatif transportasi yang nyaman dan efisien bagi masyarakat perkotaan. 

Lebih lanjut, Sesjen Novie juga mengajak seluruh insan transportasi untuk mengisi kemerdekaan dengan gerak pembangunan berkelanjutan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. 

Kategori :