Gerakan Pembawa Baki Bendera Upacara HUT ke-79 RI di IKN Diganyang Warganet: Abal-abal Paskibrakanya

Minggu 18-08-2024,09:30 WIB
Reporter : Reza Permana
Editor : Reza Permana

JAKARTA, DISWAY.ID – Salah satu anggota paskibraka yang bertugas dalam upacara HUT ke-79 RI di IKN mendapatkan sorotan tajam dari netizen.

Beradar di media sosial, gerakan pembawa baki bendera upacara HUT ke-79 RI di IKN diganyang warganet dan menyebutkan bahwa abal-abal paskibrakanya.

Hal ini juga dikaitkan dengan adanya dugaan pergantian mendadak yang dilakukan terhadap petugas pembawa baki bendara tersebut.

Disebut bahwa pembawa baki bendera awalnya merupakan anggota paskibraka asal Sumatera Barat disebutkan diganti secara mendadak menjelang upacara.

BACA JUGA:PDIP Hormati Putusan Perindo Bergabung ke Pemerintahan Prabowo-Gibran

BACA JUGA:BPIP Siapkan Paskibraka Tampil Prima

Adapun pembawa baki bendera yang seharusnya dilakukan oleh Maulia Permata Putri yang merupakan siswi di SMAN 1 Kota Solok digantikan oleh Livenia Evelyn Kurniawan dari Kalimantan Timur.

Dalam video aksi dari Evelyn saat bertugas menjadi sorotan warganet karena gerakan tangan dan kakinya tidak sesuai dan terkesan canggung.

Warganet menuding bahwa terjadinya pergantian dikarenakan Maulia yang seharusnya bertugas digantikan karena siswi asal Solok ini menggunakan jilbab, sedangan penggantinya tidak.

BACA JUGA:Anti War Tiket! Duta Sheila On 7 Manggung di Acara Tirakatan 17 Agustus 2024, Warganet Auto Mau Pindah

BACA JUGA:BPH Migas Minta ke Pemda Agar Kendaraan untuk Pembangunan Infrastruktur Tak Gunakan BBM Subsidi

Sedangkan pihak BPIP melalui Humas Badan Pembinaan Ideologi Pancasila menjelaskan jika Livenia Evelyn Kurniawan sebagai pembawa bendera diumumkan pagi ini pukul 07.00 WITA.

Adapun Maulia sendiri juga telah menjalani pelatihan sejak di Jakarta hingga di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur, 11 Agustus lalu.

Polemik Maulia mulai muncul setelah foto pelantikan anggota paskibraka yang tersebar terlihat peserta putri yang biasanya menggunakan jilbab terlihat tidak lagi menggunakannya.

Hal ini mendapatkan berbagai tanggapan, bahkan Pj Gubernur Sumatera Barat menyampaikan akan menarik siswa yang terpilih jika dipaksa melepaskan jilbabnya saat bertugas.

Kategori :