Gempa 7.2 SR Guncang Rusia, Dipicu Erupsi Gunung Shiveluch

Minggu 18-08-2024,12:05 WIB
Reporter : Reza Permana
Editor : Reza Permana

JAKARTA, DISWAY.ID – Dampak erupsi gunung Shiveluch di Krai Kamchatka, mengakibatkan gempa 7.2 SR guncang Rusia pada 18 Agustus 2024 pada pukul 19.10 UCT.

Gempa bumi berkekuatan 7.2 skala richter ini sangat terasa di wilayah melanda lepas pantai timur Kamchatka, Rusia.

Pusat Seismologi Mediterania Eropa (EMSC) mengungkapkan bahwa pusat gempa berada di kedalaman 51 km (32 mil).

BACA JUGA:Keluar dari Bapas Jaktim, Jessica Wongso Dijemput Sedan Mewah: Kita Kumpul Lagi

BACA JUGA:Usai Jadi Anggota KPPS, Kini Kunto Aji Jadi Petugas Upacara Peringatan HUT ke-79 RI di SMAN 1 Semarang

Sedangkan pihak kementerian darurat Rusia melaporkan bahwa tidak ada ancaman tsunami dan gempa susulan yang tercatat dari gempa tersebut berkisar antara 3,9 hingga 5,0 skala Richter.

Disebutkana bahwa letusan gunung berapi Shiveluch dapat dipicu atau dipengaruhi oleh peristiwa seismik, dan kombinasi fenomena geologi ini dapat menimbulkan tantangan unik bagi penduduk setempat dan layanan darurat.

Para ahli mengungkapkan bahwa mereka telah mencatat akan tersdapat beberapa gempa susulan dalam beberapa awaktu mendatang.

BACA JUGA:Hasto Ungkap Alasan PDIP Ambil Tema Berlari di Atas Kaki Sendiri dalam Acara Soekarno Run, Singgung Soal Kemandirian

BACA JUGA:Jempol Tangan Kiri Jorge Martin Cedera, Kesulitan Tarik Kopling Untuk Balap di MotoGP Austria 2024

Prediksi aktivitas seismik ini meskipun belum ada kerusakan besar, namun memiliki risiko kerusakan struktural atau dampak lainnya tetap ada.

Sedangkan Kementerian Situasi Darurat di Rusia telah memberikan peringatan untuk memastikan kesiapan terhadap potensi peristiwa seismik lebih lanjut.

Pihak Geologi mengatakan jika kondisi geologis yang berada dalam jalur cincin api, membuat wilayah tersebut rentan terhadap gempa bumi dan letusan gunung berapi, yang sering kali saling berhubungan.

Pihak keamanan setempat telah memperingatkan agar masyarakat mewaspadai gempa susulan.

Kategori :